Tautan-tautan Akses

Irna: Halo semua sobat VOA, apa kabar? Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, Welcome friends to ALL ABOUT IDIOMS.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah.. Brandon?

Brandon: FIT TO BE TIED, Irna, sekali lagi FIT TO BE TIED

Irna: Artinya sangat marah, mengamuk, naik pitam. FIT ejaannya F-I-T di sini artinya pantas, atau cocok TIED ejaannya T-I-E-D adalah past tense dari tie ejaannya T-I-E artinya diikat. Secara harfiah artinya pantas diikat, jadi saking marahnya pantas diikat supaya tidak bisa mencelakakan dirinya atau orang lain.

Sekarang kita simak contohnya:

Brandon: Joe was really FIT TO BE TIED last night when he saw his girlfriend out with a big, good-looking guy. Later he felt pretty stupid when he found out that she was with her older brother.

Irna: Artinya: Joe tadi malam naik pitam ketika dilihatnya pacarnya bersama seorang cowok ganteng dan tegap. Kemudian Joe merasa malu dan tersipu-sipu ketika tahu yang bersama pacarnya itu ternyata kakaknya.

Sinonim idiom FIT TO BE TIED adalah yang artinya juga sangat marah atau naik pitam adalah

Brandon: HOPPING MAD sekali lagi HOPPING MAD

Irna: Yang juga berarti sangat marah atau naik pitam. HOPPING ejaannya H-O-P-P-I-N-G artinya melompat-lompat dan MAD ejaannya M-A-D disini artinya marah-marah.

Sekarang kita simak contohnya

Brandon: Mom and Dad were HOPPING MAD when they looked at my brother’s report card and saw that he was failing in mathematics and history. So they grounded him for month, no more playing with his friends after school.

Irna: Artinya Ayah dan Ibu mengamuk ketika mereka melihat rapor adikku dan melihat nilai yang diperolehnya sangat buruk dalam matematik dan sejarah. Jadi mereka tidak membolehkan adikku keluar rumah selama sebulan, tidak bisa lagi dia bermain dengan teman-temannya usai sekolah.

Kita tadi telah membahas idiom

Brandon: FIT TO BE TIED dan HOPPING MAD

Irna: Hanya sekian untuk hari ini. Terima kasih atas kebersamaan Anda.

Brandon: Friends that’s it for now. But we’ll be back again soon. So long and thanks for listening.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG