Tautan-tautan Akses

Irna: Halo dan apa kabar semua sobat VOA. Di sini saya bersama

Adam: Adam Brock. Welcome friends to All About Idioms

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker kita Adam Brock. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah Adam…?

Adam: EVERY TOM, DICK AND HARRY, Irna sekali lagi EVERY TOM, DICK AND HARRY

Irna: Artinya: setiap orang, TOM ejaannya T-O-M, DICK ejaannya D-I-C-K dan HARRY ejaannya H-A-R-R-Y adalah nama umum untuk laki-laki. Frasa ini muncul karena ketiga nama itu sangat umum untuk orang biasa, bukan ningrat di Inggris sejak abad ke 18. Kita simak contohnya:

Adam: I know the car salesman made you think he was only offering a great deal to you, but in fact he has offered the same deal to every Tom, Dick and Harry that has walked into his showroom.

Irna: Artinya: Aku tahu salesman di dealer mobil itu membuat kamu mengira ia hanya menawarkan harga semurah itu kepada kamu, tetapi sebenarnya dia menawarkan harga sama kepada setiap orang yang datang ke showroom-nya.

Untuk lebih jelas lagi kita simak contoh kedua:

Adam: My carpet is ruined. Every Tom, Dick and Harry must have come through here with muddy shoes.

Irna: Artinya: Karpet aku sudah tak layak digunakan lagi. Setiap orang pasti masuk melalui ruangan ini dengan sepatu berlumpur.

Kemudian ada lagi idiom: yang mirip tapi penggunaannya berbeda yaitu:

Adam: ANY TOM, DICK AND HARRY sekali lagi ANY TOM DICK AND HARRY

Irna: Yang berbeda kata awalnya saja, EVERY diubah menjadi ANY ejaannya A-N-Y yang bisa berarti sebuah atau setiap. Kita simak contohnya:

Adam: If it could be fixed by any Tom, Dick and Harry I’m sure it could be repaired by anyone.

Irna: Artinya: Jika bisa dibetulkan oleh setiap orang saya yakin siapa saja bisa mereparasinya.

Sekian untuk hari ini.

Adam: Friends we’ll be back soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG