Tautan-tautan Akses

All About Idioms: Every So Often/Once In A While/Now And Then

  • Irna Sinulingga

Irna: Halo dan apa kabar semua sobat VOA? Di sini saya Irna Sinulingga dan

Colin: Colin Lovett, welcome friends to All About Idioms!

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang tidak bisa diterjemahkan secara harfiah jadi sering membuat bingung siswa kursus bahasa Inggris. Idiom yang jumlahnya ribuan acapkali digunakan sebagai salah satu pengukur kefasihan bahasa Inggris seseorang. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah… Colin?

Colin: EVERY SO OFTEN, sekali lagi EVERY SO OFTEN

Irna: Artinya sekali-sekali atau kadang-kadang. EVERY ejaannya E-V-E-R-Y antara lain artinya tiap, SO ejaannya S-O antara lain artinya sekali dan begitu, OFTEN ejaannya O-F-T-E-N artinya sering.

Kita simak contohnya:

Colin: Even though Bill and his wife moved away, every so often we have lunch together. But not as often as we used to.

Irna: Artinya, biarpun Bill dan istrinya pindah ke Maryland sekali-sekali kami makan siang bersama, tetapi tidak sesering dulu.

Synonym EVERY SO OFTEN adalah:

Colin: ONCE IN A WHILE sekali lagi ONCE IN A WHILE

Irna: ONCE ejaannya O-N-C-E antara lain artinya pernah, sekali dan segera sesudah. A WHILE ejaannya W-H-I-L-E antara lain artinya saat,waktu dan sebentar. Kita simak contohnya:

Colin: I bring my lunch to work every day to save money, but once in a while I go to a restaurant to order a scrumptious meal.

Irna: Artinya: Saya bawa bekal setiap hari ke tempat kerja untuk menghemat tapi sekali-sekali saya ke restoran dan memesan hidangan lezat.

Idiom yang serupa artinya dengan kedua idiom tadi adalah:

Colin: NOW AND THEN sekali lagi NOW AND THEN

Irna: NOW ejaannya N-O-W artinya sekarang dan THEN ejaannya T-H-E-N antara lain artinya kemudian. Kita simak contohnya:

Colin: I love shopping online, but every now and then – like on Black Friday, a big sales day in the US – I go to the store.

Irna: Artinya: Saya suka belanja on-line tetapi kadang-kadang, seperti Black Friday, obral besar-besaran di Amerika saya ke toko juga.

Hanya sekian untuk hari ini.

Colin: Friends, we’ll be back again soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG