Tautan-tautan Akses

Irna: Halo dan apa kabar semua sobat VOA. Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, welcome friends to All About Idioms

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum ddalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan itu sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah … Brandon?

Brandon: COME ACROSS sekali lagi COME ACROSS

Irna: Artinya yang pertama: secara kebetulan menemukan seseorang atau sesuatu. COME ejaannya C-O-M-E artinya datang dan ACROSS antara lain artinya diseberang, melintasi atau melewati. Kita simak contohnya:

Brandon: If I come across the book you’re looking for, I’ll call you.

Irna: Artinya: Jika aku kebetulan melihat buku yang kamu cari, akan ku telpon kamu.

Sekarang kita gunakan idiom tadi dalam bentuk past tense, dengan mengubah ejaan “come” menjadi:

Brandon: CAME ACROSS sekali lagi CAME ACROSS

Kita simak contohnya:

Brandon: As I was waiting to board the plane in New York I came across my old college classmate. We lost touch for almost 10 years and to meet unexpectedly like that was a pleasant surprise.

Irna: Artinya: Selagi aku menunggu untuk naik pesawat di New York secara kebetulan aku ketemu dengan teman lama sekuliah. Kami sudah hampir 10 tahun tak jumpa dan bertemu secara tak sengaja seperti itu surprise menyenangkan.

CAME ACROSS juga bisa berarti memberi kesan seperti dalam contoh berikut kali juga dalam bentuk past tense:

Brandon: Sometimes he seemed like a courteous and gentle person, but other times he came across as a rude and unpleasant man.

Irna: Kadang-kadang ia tampaknya seperti orang sopan dan lemah lembut, tetapi ada kalanya ia terkesan sebagai pria kasar dan tidak menyenangkan.

Irna: Hanya sekian untuk hari ini.

Brandon: Friends, that’s it for today but we’ll be back soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG