Tautan-tautan Akses

Irna: Halo semua sobat VOA, apa kabar? Di sini saya Irna Sinulingga dan

Colin: I’m Colin Lovett, welcome friends to ALL ABOUT IDIOMS

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri dan tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Idiom yang jumlahnya ribuan juga acapkali dijadikan sebagai pengukur kefasihan bahasa Inggris seseorang. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah…. Colin?

Colin: BREAK A LEG, (Irna) sekali lagi “BREAK A LEG”

Irna: Artinya: Semoga sukses. BREAK ejaannya B-R-E-A-K artinya patah dan LEG, ejaannya L-E-G artinya kaki. Secara harfiah artinya patahkan kaki. Tetapi ucapan “Break a Leg” kepada seorang teman berarti semoga ia sukses dalam sesuatu yang hendak dilakukannya. Idiom ini berasal dari dunia teater sekitar 100 tahun lalu. Kalangan teater ketika itu khawatir jika “Good Luck” atau selamat diucapkan kepada seorang aktor, pasti sebaliknya yang akan terjadi.

Jadi menurut mereka lebih baik ucapan “Good Luck” diganti menjadi BREAK A LEG, supaya aktor itu sukses. Kita simak contohnya.

Colin: Don’t be nervous about playing the piano in front of people; you’ll do just fine. Now, go out and break a leg.

Irna: Artinya: Jangan cemas bermain piano di depan umum, penampilan kamu pasti akan bagus. Sekarang maju saja ke depan dan semoga sukses.

Sinonim idiom “break a leg” adalah

Colin: KNOCK ‘EM DEAD sekali lagi KNOCK ‘EM DEAD

Irna: Juga digunakan sebagai ucapan semoga sukses kepada seseorang sebelum naik ke panggung, atau akan bertanding atau harus tampil di depan umum. KNOCK ejaannya K-N-O-C-K artinya ketok ‘EM, ejaannya E-M adalah singkatan untuk kata THEM, ejaannya T-H-E-M artinya mereka.

Contoh berikut seorang kakak memberi semangat kepada adiknya yang akan bertanding:

Colin: Hey Tom! You’re going to do great in the game tonight! Knock ‘em dead.

Irna: Artinya: Hey Tom! Kamu pasti hebat dalam pertandingan nanti malam. Semoga sukses.

Idiom yang kita bahas tadi adalah:

Colin: BREAK A LEG dan KNOCK ‘EM DEAD

Irna: Hanya sekian untuk hari ini.

Colin: Friends, we’ll be back again soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG