Tautan-tautan Akses

Irna: Halo semua sobat VOA, apa kabar? Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, welcome friends to ALL ABOUT IDIOMS.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah.. Brandon?

Brandon: BOTTOM DOLLAR sekali lagi BOTTOM DOLLAR

Irna: Artinya: tak berduit lagi kalaupun ada mungkin hanya tinggal satu dolar lagi. BOTTOM ejaannya B-O-T-T-O-M artinya dasar, misalnya “bottom of the lake” artinya dasar danau dan DOLLAR ejaannya D-O-L-L-A-R artinya dolar.

Kita simak contohnya dalam kalimat berikut:

Brandon: Joe was down to his bottom dollar when he suddenly got a contract offer to work overseas as a translator.

Irna: Artinya: Joe sudah tak berduit lagi ketika ia tiba-tiba mendapat tawaran kontrak untuk bekerja di luar negeri sebagai penerjemah.

Kemudian ada lagi idiom:

Brandon: BET MY BOTTOM DOLLAR sekali lagi BET MY BOTTOM DOLLAR

Irna: Artinya: Bertaruh 100 persen atau habis-habisan karena yakin pada apa yang kita bilang memang benar. BET ejaannya B-E-T artinya bertaruh MY ejaannya M-Y artinya saya BOTTOM ejaannya B-O-T-T-O-M antara lain artinya paling bawah dan DOLLAR artinya dolar. Kita simak contohnya

Brandon: I’m spending every cent I have on this stock. My college classmate who has made a lot of money says the price has now reached rock bottom and it can only go up in a month or so and I’m going to bet my BOTTOM DOLLAR on it.

Irna: Artinya: Aku akan menggunakan semua uangku untuk membeli saham ini. Kawanku sekuliah yang sekarang kaya raya mengatakan harga saham itu sudah serendah mungkin dan pasti naik dalam sebulan atau dua bulan dan aku berani bertaruh 100 persen uangku pasti saham itu akan naik.

Kita tadi telah membahas

Brandon: BOTTOM DOLLAR dan BET MY BOTTOM DOLLAR

Irna: Hanya sekian untuk hari ini.

Brandon: Friends, but we’ll be back again soon. Until then, so long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG