Tautan-tautan Akses

Aljazair Blokir Facebook, Twitter untuk Hentikan Kecurangan dalam Ujian


Puluhan ribu murid sekolah di Aljazair mengulang ujian masuk program D-3 setelah soal-soal ujian disebar di media sosial.

Puluhan ribu murid sekolah di Aljazair mengulang ujian masuk program D-3 setelah soal-soal ujian disebar di media sosial.

Pihak berwajib telah menahan puluhan orang, termasuk para pejabat yang bekerja di kantor-kantor pendidikan nasional dan percetakan.

Pihak berwenang di Aljazair telah memblokir sementara akses terhadap Facebook, Twitter dan situs media sosial lainnya untuk mencoba menghentikan orang-orang yang mengunggah lembar ujian sekolah menengah atas di Internet, media pemerintah melaporkan hari Senin (20/6).

Puluhan ribu murid sekolah mengulang ujian masuk program D-3 setelah soal-soal ujian disebar di media sosial.

"Pemblokiran media sosial terkait langsung dengan ujian D-3 yang berlangsung hari Minggu (19/6)," ujar sumber resmi kepada kantor berita APS.

"Hal ini juga untuk melindungi murid-murid dari pencetakan kertas ujian palsu."

Akses terhadap Internet melalui jaringan seluler 3G juga tampak mengalami gangguan hari Minggu.

Awal bulan ini, pihak berwenang mengatakan polisi menahan puluhan orang, termasuk para pejabat yang bekerja di kantor-kantor pendidikan nasional dan percetakan, sebagai bagian dari penyelidikan mengenai bagaimana soal-soal ujian SMA 2016 bocor ke media sosial. [hd]

XS
SM
MD
LG