Tautan-tautan Akses

AS

Buzz Aldrin Dievakuasi dari Kutub Selatan karena Sakit


Buzz Aldrin, mantan astronot AS, salah satu manusia pertama yang berjalan di bulan bersama Neil Armstrong (foto: dok).

Buzz Aldrin, mantan astronot AS, salah satu manusia pertama yang berjalan di bulan bersama Neil Armstrong (foto: dok).

Buzz Aldrin, salah satu manusia pertama yang berjalan di bulan, harus dievakuasi dari Kutub Selatan hari Kamis (1/12) setelah ia jatuh sakit.

National Science Foundation (NSF) sepakat untuk mengevakuasi Buzz Aldrin yang berusia 86 tahun itu dari stasiunnya di Amundsen-Scott South Pole, Antartika, ke sebuah fasilitas medis di Selandia Baru, sebut badan pemerintah itu dalam suatu pernyataan.

NSF mengirim sebuah pesawat kargo untuk membawa Aldrin, yang pernah mengunjungi Kutub Selatan sebagai turis, setelah menerima permintaan dari White Desert, perusahaan tur yang membawa Aldrin ke Kutub Selatan.

Dalam pernyataan di situsnya di Internet, White Desert mengatakan kondisi Aldrin memburuk sewaktu ia berada di Antartika dan perusahaan itu meminta ia dievakuasi sebagai tindakan berjaga-jaga setelah berdiskusi dengan para dokter.

“Kondisinya dinyatakan stabil pada waktu diserahkan dokter White Desert ke tim medis program Antartika Amerika,” sebut pernyataan itu.

Aldrin menjadi termasyhur pada tahun 1969 sewaktu ia menjadi orang ke-dua yang berjalan di bulan, sewaktu ia menjadi awak Apollo 11. [uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG