Tautan-tautan Akses

Al-Shabab Serang Markas Penjaga Perdamaian Uni Afrika di Mogadishu


Peta wilayah Somalia dan kota Mogadishu.

Peta wilayah Somalia dan kota Mogadishu.

Kelompok militan Somalia al-Shabab telah menyerang sebuah markas penjaga perdamaian Uni Afrika di ibukota Somalia, Mogadishu.

Misi Uni Afrika di Somalia mengatakan sembilan orang tewas setelah militan al-Shabab menyerang markasnya di pinggiran Bandara Internasional Mogadishu.

Misi Uni Afrika, yang dikenal sebagai AMISOM, mengatakan dalam pernyataan bahwa para pejuang al-Shabab, sebagian diantaranya berseragam Tentara Nasional Somalia, menerobos ke markas itu sekitar Kamis (25/12) tengah hari dan berupaya memasuki apa yang disebut AMISOM sebagai infrastruktur yang penting.

Katanya, lima penyerang, tiga tentara Uni Afrika, dan seorang kontraktor sipil tewas dalam baku tembak yang memperebutkan markas itu, dan tiga militan al-Shabab ditangkap.

AMISOM mengatakan telah berhasil merebut kembali kontrol markas itu dan “memulihkan situasi.”

Dalam mengklaim tanggung jawab atas serangan itu, al-Shabab mengatakan penyerbuan itu menarget sebuah pesta Natal di markas itu. Kantor berita Reuters mengutip seorang juru bicara al-Shabab mengatakan militan itu menewaskan 14 orang.​

Serangan Kamis (25/12) itu menarget markas Halane, bangunan yang dijaga ketat di pinggiran bandara Mogadishu. Markas itu juga merupakan lokasi sebuah kantor PBB dan beberapa kedutaan asing.

XS
SM
MD
LG