Tautan-tautan Akses

Al Shabab Kuasai Pesawat yang Jatuh Dekat Mogadishu


Para anggota militan Al-Shabab berbaris di pinggiran kota Mogadishu (Foto: dok).

Para anggota militan Al-Shabab berbaris di pinggiran kota Mogadishu (Foto: dok).

Pesawat itu lepas landas dari Nairobi, Kenya, menuju ke Ballidogle, sebuah pangkalan udara Somalia yang terletak 90 kilometer di bagian barat ibukota Mogadishu.

Seorang pejabat Somalia mengatakan kelompok militant Al Shabab telah mengambil barang-barang di sebuah pesawat kecil yang jatuh hari Rabu (28/10) di bagian barat ibukota Mogadishu.

Beberapa sumber mengatakan kepada VOA, sembilan hingga sebelas orang berada di dalam pesawat ketika jatuh di dekat desa Omar Darire yang dikuasai Al Shabab.

Belum ada penjelasan soal nasib atau identitas para penumpang dan awak pesawat itu. Beberapa sumber yang berbicara tanpa menyebut namanya mengatakan kepada VOA, pesawat itu disewa oleh kontraktor yang bekerja pada bidang keamanan di Somalia yang dikoyak perang.

Wakil Komisioner Distrik Afgoye Abdullahi Hassan Abdi mengatakan kepada VOA, pesawat itu dikelilingi oleh beberapa orang bersenjata – anggota Al Shabab – setelah jatuh dan kini dikuasai kelompok itu.

Abdi mengatakan tidak tahu apakah para penumpang itu hidup atau mati.

Belum diketahui pula penyebab kecelakaan tersebut. Warga di dekat Afgoye mengatakan pesawat itu terbang memutari wilayah itu sebelum menuju ke bagian barat Afgoye.

Pesawat itu sebelumnya dilaporkan lepas landas dari Nairobi menuju ke Ballidogle, sebuah pangkalan udara yang terletak 90 kilometer di bagian barat Mogadishu. [em]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG