Tautan-tautan Akses

Al-Qaida Yaman Umumkan Rencana Dirikan Emirat Islam


Pasukan Yaman saat melakukan operasi terhadap militan al-Qaida di Yaman selatan (foto: dok).

Pasukan Yaman saat melakukan operasi terhadap militan al-Qaida di Yaman selatan (foto: dok).

Sayap al-Qaida di Yaman mendeklarasikan rencana membangun sebuah emirat Islam di propinsi Hadramout yang terpencil di bagian timur negara itu, Selasa (22/7).

Pengumuman Al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP) juga memerintahkan semua pria dan perempuan di wilayah itu mematuhi interpretasi Hukum Islam yang keras. Kelompok teroris itu mengeluarkan selebaran yang berisi perintah itu dan maksudnya untuk mendirikan sebuah negara Islam.

Pengumuman tersebut muncul beberapa pekan setelah cabang al-Qaida yang disebut Negara Isaam itu mendeklarasikan kekalifahannya di beberapa bagian Suriah dan Irak.

AQAP adalah salah satu cabang paling aktif dari jaringan militan global itu. Para militannya telah mengalihkan operasinya ke Hadramout, setelah militer, yang didukung pesawat-pesawat tak berawak Amerika, membantu mengusir kelompok itu dari kubu-kubu pertahanannya di bagian Selatan negara itu sebelumnya tahun ini.

Selain menghadapi AQAP, pemerintah Yaman juga memerangi para separatis di Selatan dan para pemberontak di Utara di tengah-tengah kekacauan politik yang mencuat setelah tahun 2011.

XS
SM
MD
LG