Tautan-tautan Akses

Pemimpin Al-Qaida Serukan Pemberontak Suriah Hentikan Pertikaian


Pemimpin al-Qaida Ayman al-Zawahiri menyampaikan pesan kepada pemberontak Suriah lewat video, Kamis 23/1 (foto: dok).

Pemimpin al-Qaida Ayman al-Zawahiri menyampaikan pesan kepada pemberontak Suriah lewat video, Kamis 23/1 (foto: dok).

Pemimpin al-Qaida menyerukan para pemberontak di Suriah menghentikan pertikaian mereka dan memusatkan perhatian pada pertempuran melawan Presiden Bashar al-Assad.

Berita ini datang selagi utusan perdamaian PBB secara terpisah bertemu dengan pemberontak dan pemerintah Suriah dalam upaya menengahi diakhirinya kekerasan mematikan selama hampir tiga tahun.

Pemimpin al-Qaida Ayman al-Zawahiri menyampaikan pesan tersebut melalui sebuah rekaman audio yang diunggah hari Kamis (23/1) ke situs yang digunakan oleh kelompok-kelompok militan.

Keberadaan Zawahiri tidak diketahui dan keaslian rekaman suara tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen, tetapi para analis mengatakan rekaman suara itu mirip dengan suara pemimpin al-Qaida.

Gerilyawan al-Qaida bentrok dalam beberapa pekan belakangan dengan kelompok pemberontak lainnya yang melawan pemerintah Suriah.

Di Jenewa, utusan perdamaian PBB - Liga Arab Lakhdar Brahimi menyelenggarakan diskusi terpisah dengan wakil-wakil pemerintah Suriah dan oposisi untuk memutuskan langkah perundingan langsung berikutnya. Diskusi itu dijadwalkan dimulai hari Jumat.

Upaya-upaya untuk menemukan penyelesaian melalui perundingan hanya mencapai sedikit kemajuan, terutama karena perbedaan pendapat mengenai masa depan Presiden al-Assad.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG