Tautan-tautan Akses

Al Qaida Diduga Kuat Miliki Misil SA-7


Peta wilayah Timbuktu di Mali, Afrika (Foto: ilustrasi)

Peta wilayah Timbuktu di Mali, Afrika (Foto: ilustrasi)

Associated Press menemukan dokumen 26 halaman dalam bahasa Arab, berisi pedoman pengoperasian senjata "Grail" dalam bangunan yang pernah dihuni oleh al-Qaida di Timbuktu.

Fotokopi-fotokopi buku pedoman ditumpuk di lantai, tersusun tinggi dan bersandar pada satu dinding, di-staple untuk dibagi-bagikan bagi peserta kursus.

Siswanya dalam hal ini adalah para laskar al-Qaida di Mali. Dan buku tersebut memuat pedoman yang terinci, dengan gambar-gambar dan foto-foto, mengenai cara menggunakan satu senjata yang sangat memprihatinkan Amerika Serikat, yakni, misil darat-ke-udara yang mampu menembak jatuh pesawat terbang.

Dokumen 26 halaman dalam bahasa Arab itu, ditemukan oleh Associated Press dalam bangunan yang pernah dihuni oleh al-Qaida yang tergabung dalam Islamic Maghreb (AQIM) di Timbuktu. Dokumen tersebut menurut para pakar terorisme, memberi indikasi kuat bahwa kelompok itu sekarang memiliki misil darat-ke-udara SA-7, yang dinamakan Grail oleh Pentagon.

Dan ini mengukuhkan bahwa sel al-Qaida itu dengan giat melatih laskarnya dalam menggunakan senjata tersebut. Grail, juga dinamakan sistem pertahanan udara yang portabel atau MANPADS, yang diperkirakan berasal dari gudang senjata bekas orang kuat Libya, Kolonel Moammar Gaddafi.
XS
SM
MD
LG