Tautan-tautan Akses

Aktor Maximilian Schell Meninggal Dunia


Aktor Austria dan pemenang Oscar Maximilian Schell di panggung saat konser "Red Ribbon Celebration" Concert di bandara internasional Vienna 18 Mei 2012.

Aktor Austria dan pemenang Oscar Maximilian Schell di panggung saat konser "Red Ribbon Celebration" Concert di bandara internasional Vienna 18 Mei 2012.

Sebagian besar karir Schell didominasi oleh peran-perannya dalam film-film terkait Nazi, termasuk dua nominasi dan satu penghargaan Oscar.

Maximilian Schell, aktor kelahiran Austria yang memenangkan penghargaan Oscar untuk perannya dalam film Judgment at Nuremberg telah meninggal dunia.

Schell, yang berusia 83 tahun, meninggal dunia hari Sabtu di Innsbruck.

Film Judgment at Nuremberg menampilkan Spencer Tracy, Judy Garland, Marlene Dietrich dan Montgomery Clift, tetapi Schell terpilih untuk hadiah Oscar atas perannya sebagai seorang pengacara Jerman.

Film tahun 1961 tentang pengadilan kejahatan perang Nazi setelah Perang Dunia Kedua itu pertama kali diputar tahun 1959 sebagai satu episode dalam serial antologi televisi Amerika, Playhouse 90, yang juga dibintangi oleh Schell.

Nazi Jerman juga mempengaruhi kehidupan pribadi Schell. Ia lahir di Wina, tapi melarikan diri bersama orang tuanya ke Swiss menyusul aneksasi Austria oleh Nazi tahun 1938.

Sebagian besar karir Schell didominasi oleh peran-perannya dalam film-film terkait Nazi, termasuk dua nominasi Oscar lainnya.

Ia menerima nominasi aktor terbaik untuk perannya sebagai penjahat perang Nazi yang diadili di Israel dalam film tahun 1975 The Odessa File. Dia juga menerima nominasi aktor pendukung terbaik untuk perannya sebagai seorang pejuang bawah tanah melawan Nazi dalam film 1977 Julia yang dibintangi oleh Jane Fonda dan Vanessa Redgrave.

Schell berperan sebagai seorang kapten SS dalam The Odessa File, dan sebagai perwira petugas Nazi dalam film A Bridge Too Far dan Cross of Iron.

Dia pertama kali muncul dalam dunia layar perak Amerika sebagai perwira Nazi dalam film tahun 1958 The Young Lions yang dibintangi oleh Marlon Brando.
XS
SM
MD
LG