Tautan-tautan Akses

Aktor Legendaris Omar Sharif Tutup Usia

  • Associated Press

Omar Sharif yang memerankan Ali dalam "Lawrence of Arabia" tiba dalam pemutaran perdana film ini di Hollywood, 21 Desember 1962.

Omar Sharif yang memerankan Ali dalam "Lawrence of Arabia" tiba dalam pemutaran perdana film ini di Hollywood, 21 Desember 1962.

Omar Sharif, aktor kelahiran Mesir yang terkenal di seluruh dunia dengan film-film epik seperti "Lawrence of Arabia" dan "Doctor Zhivago," meninggal dunia Jumat (10/7) dalam usia 83 tahun.

Sharif meninggal akibat serangan jantung di sebuah rumah sakit di Kairo, menurut agennya Steve Kenis, dan kepala Asosiasi Seni Teater, Ashraf Zaki. Sharif menderita Alzheimer di usia lanjutnya.

Nama Sharif sudah tersohor di Mesir dengan berbagai film box office-nya, ketika sutradara David Lean memilih Sharif untuk berperan sebagai Sherif Ali dalam film "Lawrence of Arabia" tahun 1962. Ia bukan pilihan pertama untuk memerankan karakter kepala suku yang kemudian bersekutu dengan T.E. Lawrence untuk memimpin revolusi warga Arab melawan Kesultanan Utsmaniyah.

Omar Sharif saat menghadiri Festival Film Venezia di Italia tahun 2003.

Omar Sharif saat menghadiri Festival Film Venezia di Italia tahun 2003.

Lean telah memilih aktor lain tapi mengurungkan niatnya, karena warna matanya tidak sesuai dengan yang dibayangkan oleh Lean. Produser film ini, Sam Spiegel, berangkat ke Kairo untuk mencari penggantinya dan ia menemukan Sharif. Setelah lolos tes akting yang membuktikan kelancarannya berbahasa Inggris, Sharif terpilih memerankan karakter Ali.

Sharif memperoleh nominasi Oscar sebagai aktor pendukung terbaik dan ia tak pelak lagi melejit di panggung internasional.

Tiga tahun kemudian, Sharif berperan sebagai seorang dokter sekaligus pujangga yang hidup di masa Perang Dunia I dan Revolusi Bolshevik dalam film "Dr. Zhivago," yang juga disutradarai oleh David Lean.

Adaptasi Lean terhadap novel Boris Pasternak ini pada awalnya tidak terlalu sukses. Setelah MGM menariknya dari bioskop dan Lean melakukan penyuntingan ulang, "Dr. Zhivago" dirilis kembali menjadi hit di box office.

Walaupun film-film Sharif berikutnya tidak ada yang sesukses "Lawrence of Arabia" dan "Dr. Zhivago," ia menjadi aktor yang laris, di antaranya karena kemampuannya memainkan karakter dari berbagai bangsa.

Ia menjadi Ernesto "Che" Guevara yang kelahiran Argentina di film "Che!," Marco Polo yang berkebangsaan Italia dalam "Marco the Magnificent" dan pemimpin Mongolia Genghis Khan di "Genghis Khan." Ia berperan sebagai seorang tentara Jerman dalam "The Night of the Generals," pangeran Austria dalam "Mayerling" dan seorang penjahat Meksiko dalam "Mackenna's Gold."

Ia juga berakting dengan Barbra Streisand, memerankan pejudi Nick Arnstein dalam "Funny Girl." Film yang dirilis 1968 ini dilarang di Mesir, negaranya sendiri, karena Sharif memerankan tokoh yang berkebangsaan Yahudi.

XS
SM
MD
LG