Tautan-tautan Akses

Aktor Kawakan Jepang Ken Takakura Tutup Usia


Aktor film tenar Jepang, Ken Takakura, meninggal dunia pada usia 83 tahun (foto: dok).

Aktor film tenar Jepang, Ken Takakura, meninggal dunia pada usia 83 tahun (foto: dok).

Ken Takakura, paling dikenal untuk perannya sebagai inspektur polisi dalam film “Black Rain" tahun 1989, melonjak tenar dalam seri film Yakuza, seperti "Abashiri Prison," pada tahun 1960-an.

Aktor film tenar Jepang, Ken Takakura, yang dikenal dengan peran-peran pahlawan tangguh yang ia bintangi di layar perak, meninggal dunia pada usia 83 tahun, karena penyakit kanker limfoma.

Takakura meninggal dunia tanggal 10 November di sebuah rumah sakit Tokyo. Takakura, paling dikenal untuk perannya sebagai inspektur polisi dalam film “Black Rain" tahun 1989, melonjak tenar dalam seri film Yakuza, seperti "Abashiri Prison," pada tahun-tahun 1960-an.

Dia juga membintangi film-film detektif dan drama seperti "The Yellow Handkerchief" produksi tahun 1977 dan "Railroad Man," tahun 1999, untuk mana dia merebut gelar aktor terbaik dalam Festival Film Dunia di Montreal.

Berita kematiannya memenuhi program-program berita Jepang dan halaman-halaman surat kabar.

Lahir dengan nama Goichi Oda di Fukuoka, Jepang selatan, tahun 1931, dia direkrut oleh sebuah perusahaan film besar pada posisi manajemen, setamat dari kuliahnya di sebuah universitas di Tokyo.

Dikabarkan, Takakura meninggal dunia sewaktu sedang mempersiapkan proyek film berikutnya saat berada di rumah sakit.

XS
SM
MD
LG