Tautan-tautan Akses

Aktivis: Yunani Cegat Kapal yang akan Berlayar ke Gaza


Pasukan pengawal pantai Yunani mencegat kapal bantuan "Audacity of Hope", dan memaksa kembali ke pelabuhan Perama, dekat Athena (1/7).

Pasukan pengawal pantai Yunani mencegat kapal bantuan "Audacity of Hope", dan memaksa kembali ke pelabuhan Perama, dekat Athena (1/7).

Pengawal pantai Yunani kembali memblokir kapal bantuan Tahrir hari Senin, ketika berusaha meninggalkan pulau Kreta menuju Gaza.

Aktivis pro Palestina mengatakan penguasa Yunani mencegat sebuah kapal yang bersiap berlayar dari sebuah pelabuhan Yunani dalam rangka menerobos blokade AL Israel terhadap Jalur Gaza.

Aktivis mengatakan pengawal pantai Yunani memblokir kapal Tahrir hari Senin, ketika berusaha meninggalkan pulau Kreta yang merupakan penentangan terhadap larangan pemerintah terhadap armada flotila itu.

Yunani mengumumkan larangan itu minggu lalu terhadap kapal-kapal yang menuju Gaza dan menangkap kapten sebuah kapal yang mengangkut aktivis pro Palestina karena meninggalkan pelabuhan pelabuhan tanpa ijin Sabtu.

Tahrir merupakan nama yang mengacu pada alun-alun Kairo yang menjadi pusat pembangkangan anti pemerintah Mesir sebelumnya tahun ini. Kapal itu mengangkut aktivis dari Kanada dan negara-negara lain ketika dicegat.

Penyelenggara tadinya merencanakan untuk mengirim lebih dari sepuluh kapal dari Yunani ke Gaza akhir bulan ini, mengangkut ratusan aktivis dan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina.

XS
SM
MD
LG