Tautan-tautan Akses

Aktivis Rusia Akan Keluarkan Bukti Keterlibatan Langsung Tentara Rusia di Ukraina


Warga yang berduka cita di makam pemimpin oposisi Rusia yang dibunuh, Boris Nemtsov, dalam upacara pemakaman di Moskow (3/3). (Reuters/Maxim Shemetov)

Warga yang berduka cita di makam pemimpin oposisi Rusia yang dibunuh, Boris Nemtsov, dalam upacara pemakaman di Moskow (3/3). (Reuters/Maxim Shemetov)

Bukti yang dikumpulkan oleh aktivis yang dibunuh itu mencakup keterangan yang diperoleh dari para orangtua tentara Rusia yang tewas ketika bertempur di wilayah Ukraina.

Para aktivis oposisi Rusia mengatakan mereka akan menerbitkan dokumen yang dikumpul oleh pemimpin oposisi Boris Nemtsov sebelum ia dibunuh 27 Februari yang katanya menunjukkan keterlibatan langsung militer Rusia di Ukraina.

Aktivis Ilya Yashin, rekan dekat Nemtsov, mengatakan Rabu (4/3), bukti yang dikumpulkan oleh aktivis yang dibunuh itu mencakup keterangan yang diperoleh dari para orangtua tentara Rusia yang tewas ketika bertempur di wilayah Ukraina.

Ia memberitahu surat kabar Inggris The Times bahwa bukti itu telah diamankan dan tidak hilang ketika polisi menyita komputer Nemtsov dalam penyelidikan polisi terhadap pembunuhannya.

Nemtsov, seorang pengecam keras Presiden Rusia Vladimir Putin, ditembak mati Jumat malam ketika ia dan seorang teman berjalan kaki tidak jauh dari Kremlin.

Ia tadinya akan memimpin protes oposisi di Moskow Minggu. Namun kenyataan yang terjadi adalah puluhan ribu pendukungnya datang melayatnya karena berdukacita atas kematiannya.

XS
SM
MD
LG