Tautan-tautan Akses

Aktivis Lingkungan Ditahan di Sochi Karena Demonstrasi


Dua polisi Rusia mendekati aktivis David Khakim (tengah kanan) yang melakukan aksi protes di Sochi, Senin, 17 Februari 2014.

Dua polisi Rusia mendekati aktivis David Khakim (tengah kanan) yang melakukan aksi protes di Sochi, Senin, 17 Februari 2014.

Polisi Rusia hari Senin menahan seorang aktivis yang melakukan protes sendirian diluar gedung-gedung pemerintah di Sochi, lokasi Olimpiade Musim Dingin.

Demonstran tersebut, David Khakim memrotes vonis tiga tahun penjara yang dijatuhkan minggu lalu terhadap aktivis lingkungan Yevgeny Vitishko terkait sebuah insiden tahun 2012.

Vitishko dan seorang aktivis lainnya dituduh mencoret-coretkan celaan dengan menggunakan cat semprot di pagar sebuah bangunan yang diduga milik Alexander Tkachev, gubernur kawasan Krasnodar. Corat-coret itu, di antaranya, menuduh Tkachev sebagai “seorang pencuri.”

Para aktivis lingkungan mengatakan Tkachev memiliki sebuah rumah mewah yang dibangun dalam hutan lindung yang mengitari Sochi.

Khakim ditahan karena memajang poster yang bertuliskan: “Kebebasan Bagi Yevgeny Vitishko! Tahanan Lingkungan.” Polisi mengatakan ia tidak memiliki izin melakukan demonstrasi.

Rusia melarang demonstrasi kecuali di dalam sebuah zona khusus yang ditetapkan selama pelaksanaan Olimpiade di Sochi. Hakim memerintahkan Khakim melakukan kerja layanan komunitas selama 30 jam.
XS
SM
MD
LG