Tautan-tautan Akses

Aktivis Burma Peringati 25 Tahun Pemberontakan 1988


Para anggota generasi mahasiswa 88 mengusung simbol mereka dalam sebuah aksi demonstrasi di Rangoon (8/8).

Para anggota generasi mahasiswa 88 mengusung simbol mereka dalam sebuah aksi demonstrasi di Rangoon (8/8).

Para aktivis Burma memperingati ulang tahun ke-25 pemberontakan pro-demokrasi yang ditumpas oleh para pemimpin militer negara tersebut.

Puluhan pemrotes, termasuk sebagian yang terlibat dalam demonstrasi tahun 1988 itu, berpawai melalui jalan-jalan Rangoon hari Kamis dalam demonstrasi yang tidak memperoleh izin.

Para pemrotes menolak untuk berhenti ketika polisi menanyakan kepada mereka apakah mereka telah mematuhi undang-undang yang mengharuskan aksi protes disetujui oleh pemerintah.

Orang-orang yang berpawai itu mengatakan mereka merasa izin tidak diperlukan untuk memperingati orang-orang yang tewas dalam apa yang dikenal sebagai “Pemberontakan 88.”

Sebelumnya, para aktivis meletakkan karangan bunga di Pagoda Sule di Rangun, dimana penindakan berdarah militer terhadap para pemrotes mulai terjadi.

Lebih dari 3.000 orang tewas dalam tanggapan militer terhadap aksi-aksi protes tersebut, di mana ratusan ribu orang membanjiri jalan-jalan untuk menyerukan pengakhiran kekuasaan militer yang keras.
XS
SM
MD
LG