Tautan-tautan Akses

AS

Aktivis Anti Perbudakan AS akan Jadi Wajah Baru Uang $20


Aktivis perempuan AS, Harriet Tubman dalam uang kertas $20 (foto: dok).

Aktivis perempuan AS, Harriet Tubman dalam uang kertas $20 (foto: dok).

Aktivis perempuan Harriet Tubman memperoleh lebih dari 118.000 suara untuk menjadi wajah uang kertas 20 dolar, mengalahkan mantan ibu negara Eleanor Roosevelt.

Harriet Tubman, perempuan kulit hitam dan budak pelarian yang memimpin ribuan budak lainnya meraih kebebasan sebelum Perang Saudara, kemungkinan akan menjadi wajah baru pada uang kertas 20 dolar Amerika.

Lebih dari 600 ribu orang berpartisipasi dalam sebuah pemilihan online mencari perempuan berprestasi untuk ditampilkan pada uang kertas 20 dolar, menggantikan presiden ke-7 Amerika, Andrew Jackson.

Pemilihan itu menandai peringatan 100 tahun ratifikasi resmi amandemen konstitusional yang memberi perempuan hak untuk memilih. Meski hanya Menteri Keuangan Amerika yang dapat mengotorisasi perancangan ulang mata uang, sejumlah RUU juga diajukan ke Kongres untuk menempatkan gambar perempuan pada uang kertas.

Tubman membantu orang-orang kulit hitam melarikan diri dari tempat-tempat penahanan mereka di kebun-kebun Amerika di bagian Selatan Amerika dengan melalui apa yang disebut Underground Railroad – bukan jalur kereta bawah tanah sesungguhnya melainkan sebuah jaringan rahasia yang dibuat sekelompok orang yang berusaha menghapus praktik perbudakan.

Tubman memperoleh lebih dari 118.000 suara untuk menjadi wajah uang kertas 20 dolar, mengalahkan mantan ibu negara Eleanor Roosevelt, pahlawan hak sipil 1950-an Rosa Parks, dan Wilma Mankiller, seorang warga keturunan asli Amerika dan perempuan pertama yang menjadi pemimpin suku Cherokee.

XS
SM
MD
LG