Tautan-tautan Akses

Aksi Protes Meluas di Suriah, 11 Tewas


Demonstran anti-pemerintah terus melakukan protes meskipun pasukan Suriah melakukan penindakan keras untuk meredam aksi demonstrasi.

Ratusan ribu demonstran anti pemerintah di berbagai kota berdemo menuntut pengunduran diri Presiden Assad hari Jumat.

Pasukan keamanan Suriah menewaskan setidaknya 11 orang dalam aksi protes menentang Presiden Bashar al-Assad.

Ratusan ribu demonstran anti pemerintah berdemo hari Jumat menuntut pengunduran diri Presiden Assad, aksi yang sejauh ini merupakan tentangan paling serius selama 11 tahun ia berkuasa.

Para saksi dan aktivis HAM mengatakan enam kematian terjadi di berbagai tempat termasuk pinggiran kota Damaskus, provinsi Idlib, dan kota Homs, lokasi utama kerusuhan.

Berdasarkan berbagai laporan, setidaknya lima lainnya tewas di Homs Kamis malam, setelah tentara melancarkan tindakan keras di kota itu.

Suriah mengerahkan pasukan keamanan ke Damaskus hari Jumat menjelang aksi protes anti-pemerintah yang direncanakan.

Sementara itu, para aktivis mengatakan pasukan keamanan menggunakan pentungan dan gas air mata untuk memukul mundur demonstran di kawasan propinsi Hasaka yang mayoritas penduduknya suku Kurdi hari Jumat.

Berbagai laporan menyebutkan aksi-aksi demonstrasi juga terjadi di kota-kota lain, termasuk Dara’a dan Latakia. Selain itu, media pemerintah melaporkan para pendukung Assad membentangkan bendera Suriah dan berdemo di beberapa kota.

XS
SM
MD
LG