Tautan-tautan Akses

Aksi Perompakan Tahun 2013 Terendah dalam 6 Tahun


Angkatan Laut Nigeria berhasil menangkap tersangka bajak laut yang dibawa ke pelabuhan Lagos (foto: dok).

Angkatan Laut Nigeria berhasil menangkap tersangka bajak laut yang dibawa ke pelabuhan Lagos (foto: dok).

Biro Maritim Internasional hari Rabu (15/1) mengatakan aksi perompakan di laut dalam tahun 2013 turun ke tingkat terendah dalam enam tahun terakhir.

Biro Maritim Internasional (IMB) mengatakan aksi perompakan di laut dalam tahun 2013 turun ke tingkat terendah dalam enam tahun, sebagian karena turunnya insiden di lepas pantai Somalia secara signifikan.

Biro Maritim Internasional mengatakan ada 264 serangan tahun lalu, termasuk 15 insiden di pesisir Somalia. IMB menambahkan sekitar 75 insiden terjadi di dekat Somalia satu tahun sebelumnya.

IMB mengatakan sejumlah faktor yang menyebabkan turunnya insiden pembajakan di pesisir Somalia, termasuk keberadaan tim keamanan bersenjata dan peran angkatan laut internasional. Kelompok itu juga memuji peningkatan stabilitas pemerintah pusat Somalia.

IMB mengatakan perompakan di Afrika Barat merupakan hampir seperlima dari serangan-serangan yang terjadi di seluruh dunia tahun lalu. Banyak perompakan ini melibatkan perompak Nigeria dan kelompok-kelompok bersenjata.

Bulan Oktober lalu, IMB mengatakan serangan-serangani tu telah membuat perairan Afrika Barat menjadi salah satu perairan paling berbahaya di dunia.
XS
SM
MD
LG