Tautan-tautan Akses

Aksi Pemboman di Pakistan, 5 Tetua Anti-Taliban Tewas


Peta wilayah Waziristan Utara dan Selatan, Khyber, Pakistan.

Peta wilayah Waziristan Utara dan Selatan, Khyber, Pakistan.

Penyerang yang mengenakan jaket bahan peledak itu meledakkan dirinya saat para tetua suku bertemu di Lembah Tirah di kawasan Khyber.

Seorang pembom bunuh diri menargeti sebuah pertemuan tetua anti-Taliban, hari Rabu (15/10), di sebuah kawasan kesukuan yang berbatasan dengan Afghanistan, menewaskan lima orang dan melukai 10 lainnya. Penyerang yang mengenakan jaket bahan peledak itu meledakkan dirinya saat para tetua suku bertemu di Lembah Tirah di kawasan Khyber.

Menurut para pejabat yang tidak menyebutkan jati diri mereka, orang-orang yang mati dan cedera itu kemudian diangkut ke rumah sakit pemerintah. Tak ada yang mengaku bertanggung-jawab melakukan serangan tersebut.

Akan tetapi, kecurigaan jatuh pada kelompok Taliban Pakistan, yang sebelumnya telah dipersalahkan melancarkan serangan serupa terhadap kaum tua di Khyber dan di daerah-daerah kesukuan di bagian barat laut negeri itu.

Khyber diyakini sebagai tempat persembunyian kelompok militan. Militer Pakistan telah menghancurkan puluhan tempat persembunyian militan itu dalam tahun-tahun belakangan ini, menewaskan puluhan tersangka pemberontak.

Pakistan mengklaim telah membersihkan 90 persen wilayah Waziristan Utara dari anggota militan selama operasi, mengakibatkan 800 ribu warga kehilangan tempat tinggal.

XS
SM
MD
LG