Tautan-tautan Akses

Akibat WikiLeaks, AS Pertimbangkan Ganti Dubes untuk Libya


Pemimpin Libya Moammar Gadhafi, dinilai "eksentrik" oleh Dubes AS untuk Libya.

Pemimpin Libya Moammar Gadhafi, dinilai "eksentrik" oleh Dubes AS untuk Libya.

Dalam dokumen yang diungkap WikiLeaks, Dubes AS Gene Cretz memberikan komentar miring soal ke-eksentrikan Moammar Gadhafi.

Para pejabat Amerika mengatakan mereka sedang mempertimbangkan apakah akan mengganti dutabesar untuk Libya, setidak-tidaknya sebagian karena ketegangan yang disebabkan penilaian terus-terang dutabesar itu mengenai pemimpin Libya Moammar Gadhafi dalam dokumen rahasia yang dibocorkan oleh WikiLeaks.

Para pejabat departemen luar negeri Amerika mengatakan diplomat kawakan Gene Cretz mungkin akan dipindahkan dari jabatannya di Tripoli karena kekhawatiran bahwa laporannya mengenai ke-eksenterikan Gadhafi mungkin telah memperlemah kemampuannya bekerja bersama para pejabat Libya.

Surat kawat diplomatik Amerika yang ditulis oleh Cretz dan diungkapkan oleh WikiLeaks mengatakan Gadhafi takut naik pesawat di atas air, lebih suka menginap di lantai satu hotel dan hampir tidak pernah bepergian tanpa perawatnya yang sudah lama dari Ukraina, yang digambarkan sebagai seorang gadis “yang menggiurkan dan berambut pirang.”

Cretz dicalonkan untuk menjadi dutabesar Amerika yang pertama untuk Libya dalam 36 tahun oleh mantan Presiden George W. Bush bulan Juli tahun 2007 setelah membaiknya hubungan dengan negara Afrika Utara itu.

XS
SM
MD
LG