Tautan-tautan Akses

Airbus Pertimbangkan Penggunaan Kotak Hitam yang Dapat Terlempar Keluar Pesawat


Pembuatan pesawat Airbus A350 di Toulouse, bagian barat daya Perancis.
Pembuatan pesawat Airbus A350 di Toulouse, bagian barat daya Perancis.

Teknologi kotak hitam yang dapat terlempar sudah digunakan dalam pesawat militer namun pesawat komersial belum menggunakannya.

Pabrik pesawat penumpang Airbus sedang mempertimbangkan untuk melengkapi jet penumpang jarak jauh dengan perekam penerbangan yang dapat terlempar keluar pesawat dan terapung, sehingga lebih mudah menemukannya jika pesawat jatuh di laut.

Airbus mengatakan perusahaan itu sedang membicarakannya dengan Badan Keselamatan Penerbangan Eropa untuk membuat perekam semacam itu tersedia pada dua model terbesarnya, A380 dan A350, pesawat yang biasanya digunakan dalam penerbangan di atas samudera.

Teknologi kotak hitam yang dapat terlempar sudah digunakan dalam pesawat militer. Pesawat komersial belum menggunakannya karena sebagian besar kecelakaan pesawat terjadi pada waktu lepas landas atau mendarat, dan perekam penerbangan biasanya mudah ditemukan di darat.

Namun, dalam beberapa tahun ini, telah terjadi beberapa kecelakaan yang diberitakan luas di atas laut, termasuk pesawat AirAsia bulan lalu yang jatuh di Laut Jawa.

XS
SM
MD
LG