Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Kecam Negara-Negara Barat dalam Pidato di PBB


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad saat berpidato di depan Majelis Umum PBB di New York (22/9).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad saat berpidato di depan Majelis Umum PBB di New York (22/9).

Presiden Iran mengecam keras AS Israel, dan Barat, yang dituduhnya memprovokasi perang, menggalakkan perselisihan dan 'totalitarianisme'.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, dalam pidatonya di Sidang Umum PBB hari Kamis, mengecam keras Amerika, Israel, dan negara-negara Barat, menuduh negara-negara itu memprovokasi perang, menggalakkan perselisihan global dan menyebarkan "totalitarianisme."

Ahmadinejad juga menyalahkan apa yang disebutnya "negara-negara Barat yang arogan" karena menyebabkan resesi dan kesenjangan sosial di seluruh dunia.

Selagi ia berpidato, delegasi dari Amerika, Prancis dan lebih dari 20 negara lain melakukan aksi walkout.

Seperti yang dilakukannya dalam pidato-pidato PBB pada masa lalu, Ahmadinejad menganjurkan reformasi badan dunia itu, menjauh dari kekuatan sumbu Barat. Ia mengatakan negara-negara Barat menggunakan terorisme 11 September, 2001 terhadap Amerika sebagai "dalih" untuk melancarkan "serangan" di Irak dan Afghanistan.

Iran berselisih dengan negara-negara Eropa dan pemerintahan Obama tentang program nuklirnya yang kontroversial. Ahmadinejad sering menggunakan penampilannya di panggung internasional untuk menuntut pengurangan pengaruh Barat dalam mengatasi masalah-masalah global.

XS
SM
MD
LG