Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Kecam Dewan Keamanan PBB


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengecam DK PBB dalam pidatonya pada Sidang Majelis Umum PBB di New York, Rabu (26/9).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengecam DK PBB dalam pidatonya pada Sidang Majelis Umum PBB di New York, Rabu (26/9).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengkritik tajam Dewan Keamanan PBB, dengan mengatakan dewan itu “berada di bawah dominasi” segelintir negara.

Dalam pidato di hadapan Sidang Umum PBB hari Rabu, Mahmoud Ahmadinejad mengatakan diskriminasi dalam badan dunia itu merupakan “penghinaan besar pada semua”.

Ia juga menambahkan hak veto beberapa negara dan apa yang disebutnya “monopolisasi” wewenang membuat Dewan Keamanan tidak dapat membela hak bangsa-bangsa.

Iran kini dikenai sanksi PBB atas program nuklirnya yang kontroversial itu. Negara-negara berpengaruh di dunia curiga Iran hendak membuat senjata nuklir, tetapi Iran mengatakan program nuklirnya bertujuan damai.

Presiden Mahmoud Ahmadinejad berpidato sehari setelah Presiden Barack Obama, yang di hadapan Sidang Umum PBB kembali memperingatkan bahwa Amerika dan sekutu-sekutunya tidak akan memperbolehkan Iran membuat senjata nuklir. Presiden Obama menambahkan waktu hampir habis untuk mencapai solusi diplomatis.

Delegasi Amerika memboikot pidato Presiden Mahmoud Ahmadinejad, pidatonya yang terakhir di hadapan Sidang Umum PBB sebagai presiden Iran.

Masa jabatan kedua kepresidenannya berakhir Juni mendatang. Berdasarkan undang-undang Iran, ia tidak dapat mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga.

Pergolakan di Timur Tengah akan terus menjadi perhatian utama dalam Sidang Umum PBB hari Rabu, sewaktu presiden yang baru terpilih di Mesir – Mohamme Morsi – menyampaikan pidato pertamanya di badan dunia itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG