Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: Protes Atas Hukuman Rajam Tidak Adil


Seorang demonstran di Italia membawa poster gambar Sakineh Mohammad Ashtiani, perempuan yang dijatuhi hukuman rajam di Iran (foto: dok).

Seorang demonstran di Italia membawa poster gambar Sakineh Mohammad Ashtiani, perempuan yang dijatuhi hukuman rajam di Iran (foto: dok).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan kecaman atas hukuman rajam tidak adil, karena AS juga menjatuhkan hukuman mati terhadap wanita tanpa mendapat protes dari dunia internasional.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengecam protes keras terhadap kasus wanita yang dihukum mati dengan cara dirajam. Ahmadinejad mengatakan kecaman itu tidal adil karena Amerika juga melakukan hukuman mati terhadap wanita namun tidak mendapat reaksi negatif serupa.

Amerika, Uni Eropa dan kelompok-kelompok HAM mendesak Teheran untuk membatalkan eksekusi terhadap Sakineh Mohammad Ashtiani.

Ahmadinejad juga menambahkan bahwa kasus tersebut masih dalam penyelidikan.

Ashtiani yang berusia 43 tahun adalah ibu beranak dua yang pertama kali dihukum pada tahun 2006, karena menjalin hubungan dengan dua pria setelah kematian suaminya setahun sebelumnya. Pada saat itu, ia dihukum cambuk 99 kali.

Belakangan pada tahun yang sama, ia juga dituduh berzinah dan divonis dengan hukuman rajam, atau dilempari batu hingga mati, meskipun ia menarik kembali pengakuannya dengan mengatakan pengakuannya ia buat di bawah ancaman.

XS
SM
MD
LG