Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: Iran Tidak Punya Masalah dengan Arab Saudi


Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad kembali membantah keterlibatan Teheran dalam rencana pembunuhan Dubes Saudi.

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad kembali membantah keterlibatan Teheran dalam rencana pembunuhan Dubes Saudi.

Ahmadinejad mengatakan itu dalam wawancara dengan jaringan televisi CNN, setelah AS menuduh Teheran terlibat dalam rencana membunuh Dubes Saudi.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan negaranya tidak mempunyai masalah dengan Arab Saudi.

Ia mengatakan demikian dalam wawancara hari Sabtu dengan televisi Amerika CNN, setelah Amerika menuduh bahwa satuan elit militer Teheran mempunyai peranan dalam rencana yang dituduhkan untuk membunuh dutabesar Amerika di Washington.

Dewan juri Amerika telah mendakwa dua pria Iran yang dituduh terlibat dalam rencana pembunuhan dutabesar Saudi Adel al-Jubair. Amerika mengatakan seorang tersangka adalah anggota pasukan Quds Pengawal Revolusi Iran.

Ahmadinejad memberitahu CNN bahwa Iran tidak pernah bermaksud menyakiti Arab Saudi.

Dalam wawancara yang membahas berbagai hal itu, pemimpin Iran tersebut juga melontarkan kecaman pedas terhadap Amerika dan negara-negara kuat Barat lainnya yang terlibat dalam misi NATO di Libya. Ia mengatakan serangan udara NATO telah memperuncing sengketa di negara tersebut.

Ia juga mengingatkan agar pihak asing jangan campur-tangan dalam gerakan oposisi di Suriah. Damaskus dianggap kalangan luas sekutu paling kuat Iran di kawasan itu.

Presiden Ahmadinejad mengatakan Amerika telah menjadi “lebih lemah” dan “dibenci” di kawasan Timur-Tengah.

XS
SM
MD
LG