Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: 2 Warga AS yang Ditahan di Iran akan Segera Dibebaskan


Dua warga AS: Shane Bauer (kiri) dan Josh Fattal dijatuhi hukuman 8 tahun penjara oleh pangadilan di Teheran.

Dua warga AS: Shane Bauer (kiri) dan Josh Fattal dijatuhi hukuman 8 tahun penjara oleh pangadilan di Teheran.

Bulan Agustus lalu, pengadilan Iran menghukum Shane Bauer dan Josh Fattal delapan tahun penjara atas tuduhan melakukan mata-mata.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad berkeras bahwa dua warga Amerika yang dipenjarakan di Teheran akan “segera” dibebaskan meskipun ada penundaan dalam pengadilan di negaranya.

Televisi Amerika ABC mengutip Ahmadinejad yang mengatakan ia sebelumnya berjanji Shane Bauer dan Josh Fattal akan dibebaskan “dalam beberapa hari mendatang” dan Ahmadinejad masih mengatakan “hal yang sama”.

Ia menyampaikan komentarnya ketika tiba di New York hari Selasa untuk menghadiri Sidang Umum PBB.

Minggu lalu, Ahmadinejad mengatakan kedua pengelana itu akan segera dibebaskan dari penjara. Namun pengadilan Iran mengatakan syarat pembebasan jaminan mereka masih ditinjau.

Hari Selasa pengacara kedua pengelana itu juga mengatakan masih menunggu hakim kedua yang harus menandatangani perintah pembebasan. Masoud Shafiei berharap bisa menyelesaikan dokumen yang diperlukan untuk pembebasan dengan jaminan sebesar satu juta dolar tapi hakim itu belum kembali dari cuti.

Bulan Agustus Iran menghukum Bauer dan Fattal delapan tahun penjara atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata, karena masuk secara tidak sah ke negara itu dari Irak.

Kedua pengelana itu ditangkap tahun 2009 bersama warga Amerika lainnya, Sarah Shourd. Shourd dibebaskan dengan jaminan 500 ribu dolar tahun lalu dan kembali ke Amerika.

XS
SM
MD
LG