Tautan-tautan Akses

Ahli Kejahatan Perang AS Jadi Penasihat Pengadilan Khmer Merah


Ahli kejahatan perang AS, David Scheffer, ditunjuk menjadi penasihat pengadilan atas kejahatan Khmer Merah (foto: dok).

Ahli kejahatan perang AS, David Scheffer, ditunjuk menjadi penasihat pengadilan atas kejahatan Khmer Merah (foto: dok).

David Scheffer telah ditunjuk sebagai 'Utusan Khusus PBB' untuk memberi masukan kepada panel pengadilan atas para pemimpin Khmer Merah di Kamboja.

Seorang ahli Amerika ternama di bidang kejahatan perang telah diumumkan menjadi penasihat pengadilan internasional yang mengadili para mantan pemimpin Khmer Merah di Kamboja.

Sekjen PBB Ban Ki-Moon telah menunjuk David Scheffer sebagai “Utusan Khusus PBB” untuk memberi masukan kepada panel tersebut, yang saat ini hendak mengadili tiga pemimpin Khmer Merah yang ada sampai sekarang.

David Scheffer yang sebelumnya menjadi duta besar luar biasa bagi kejahatan perang semasa pemerintahan mantan presiden Bill Clinton, memainkan peran dalam membentuk pengadilan Khmer Merah dan pengadilan khusus lain yang serupa, untuk menangani kekejaman di Rwanda dan Balkan.

Pengangkatannya dilakukan setelah kontroversi selama berbulan-bulan tentang pengadilan tersebut, di mana hakim penyelidik dan sejumlah anggota staf pengadilan telah mundur di tengah gugatan bahwa beberapa kasus tidak diselidiki sebagaimana mestinya.

XS
SM
MD
LG