Tautan-tautan Akses

Ahli Balistik Beri Kesaksian dalam Sidang Bintang Olimpiade Afsel


Bintang olimpiade Afrika Selatan, Oscar Pistorius (27 tahun) didakwa dengan tuduhan pembunuhan terencana terhadap pacarnya (foto: dok).

Bintang olimpiade Afrika Selatan, Oscar Pistorius (27 tahun) didakwa dengan tuduhan pembunuhan terencana terhadap pacarnya (foto: dok).

Oscar Pistorius (27 tahun) didakwa dengan tuduhan pembunuhan terencana terhadap pacarnya, Reeva Steenkamp 14 Februari tahun lalu.

Menurut seorang polisi ahli balistik yang memberikan kesaksian dalam sidang pengadilan hari Rabu, pacar Oscar Pistorius berdiri di kamar kecil dan menghadap pintu tertutup, ketika dia tertembak pinggul kanannya, oleh peluru pertama dari ke-4 peluru yang ditembakkan oleh Pistorius, pelari yang diamputasi kedua kakinya itu.

Steenkamp terjatuh ke belakang ke sebuah rak majalah dan menutupi kepala dengan kedua tangannya untuk melindungi dirinya, kata Kapten Christian Mangena. Peluru kedua tidak mengenai Steenkamp dan menyerempet dinding, sehingga pecah menjadi beberapa bagian, melecetkan punggungnya, kata saksi itu.

Steenkamp kemudian terkena tembakan di lengan kanan dan di kepalanya dari peluru ketiga dan keempat yang ditembakkan Pistorius dengan pistol 9 mm. Steenkamp roboh dengan kepala di atas toilet, kata Mangena.

Pistorius yang berusia 27 tahun itu didakwa dengan tuduhan pembunuhan terencana terhadap Steenkamp yang tertembak mati pada 14 Februari tahun lalu dan Pistorius diancam hukuman 25 tahun penjara, jika terbukti bersalah. Dia mengatakan, dia menembak Steenkamp dengan tidak sengaja melalui sebuah pintu tertutup di kamar mandinya, karena mengira Steenkamp orang luar berbahaya yang menyusup ke dalam rumahnya.

Pistorius mengatakan, Steenkamp masuk ke kamar kecil malam itu tanpa sepengetahuannya, tapi jaksa penuntut menuduh Pistorius membunuhnya setelah terjadi pertengkaran yang menyebabkan Steenkamp lari dan bersembunyi di kamar kecil. Para tetangga telah memberikan kesaksian mendengar jeritan keras sebelum dan selama tembakan dilepaskan.

Pakar balistik, Mangena menyimpulkan bahwa satu dari dua peluru terakhir yang ditembakkan Pistorius menembus tangan kiri Steenkamp yang menutupi wajahnya, sebelum peluru itu menembus kepalanya.
XS
SM
MD
LG