Tautan-tautan Akses

AS

Agen Rahasia Amerika Ditarik dari Kolombia


Presiden Obama dikawal agen dinas rahasia saat kunjungan ke Tampa, Florida (13/4).

Presiden Obama dikawal agen dinas rahasia saat kunjungan ke Tampa, Florida (13/4).

Sejumlah agen dinas rahasia Amerika yang dikirim ke Kolombia untuk mengawal Presiden Obama, dibebas tugaskan karena terlibat wanita panggilan.

Dinas Rahasia Amerika mengatakan 11 petugas yang dikirim ke Kolombia menjelang kunjungan Presiden Barack Obama telah kembali dan dibebastugaskan, menunggu penyelidikan atas tuduhan berperilaku tidak pantas terkait pekerja seks komersil.

Hari Sabtu militer Amerika juga mengumumkan lima personil militer yang ditugaskan untuk membantu Dinas Rahasia dalam penugasannya telah ditahan di dalam barak di Kolombia.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan insiden yang menyangkut personil militer itu berasal dari peristiwa sama yang melibatkan agen-agen Dinas Rahasia. Carney mengatakan presiden Obama percaya pada pengawalnya dan insiden itu tidak berdampak pada keamanan presiden.

Koran terkemuka Amerika melaporkan agen-agen Dinas Rahasia yang dikirim ke Kolombia untuk memberi pengamanan bagi presiden Barack Obama telah ditarik ditengah-tengah tuduhan mereka memanggil pekerja seks komersil. Presiden Obama tiba di Cartagena hari Jumat untuk menghadiri KTT regional.

Koran Washington Post mengatakan meskipun mencari pelayanan pekerja seks komersil tidak dilarang di Kolombia apabila dilakukan di kawasan yang sudah ditentukan, tapi prilaku semacam itu dianggap tidak pantas oleh Dinas Rahasia Amerika .

Washington Post mengatakan mengetahui tuduhan itu dari Ronald Kessler, bekas wartawan Washington Post dan pengarang buku "In the President's Secret Serviceā€. Kessler mengatakan 12 petugas keamanan telah ditarik dari lawatan di Kolombia itu. Ia mengatakan beberapa petugas keamanan itu sudah menikah.

Edwin Donovan, juru bicara agen Dinas Rahasia mengatakan para petugas diganti oleh personil badan lain dan penyelidikan telah diserahkan kepada unit urusan intern agen Dinas Rahasia itu.
XS
SM
MD
LG