Tautan-tautan Akses

Agen Rusia Dihukum di AS Karena Ekspor Ilegal Peralatan Teknologi


Alexander Fishenko, agen Rusia yang divonis bersalah atas ekspor ilegal benda-benda elektronik untuk militer Rusia. (Foto: Dok)

Alexander Fishenko, agen Rusia yang divonis bersalah atas ekspor ilegal benda-benda elektronik untuk militer Rusia. (Foto: Dok)

Alexander Fishenko divonis bersalah atas pengadaan dan secara diam-diam mengapalkan peralatan mikro-elektronik untuk militer Rusia.

Pengadilan federal di New York telah menghukum seorang agen pemerintah Rusia Kamis (21/7) dengan hukuman 10 tahun penjara dan memerintahkan penyitaan keuntungan US$500.000 yang diperolehnya dari kegiatan kejahatannya, yang difokuskan pada pengadaan dan secara diam-diam mengapalkan peralatan mikro-elektronik untuk militer Rusia.

Alexander Fishenko mengaku bersalah atas ke 19 butir tuduhan dari Kejaksaan Amerika. Pejabat Amerika mengatakan, perusahaan yang didirikan Fishenko mengapalkan produk elektronik bernilai $50 juta antara 2002 dan 2012, yang merupakan pelanggaran sistem lisensi pemerintah untuk pengendalian ekspor seperti itu.

“Benda-benda ini punya aplikasi dan seringkali dipergunakan secara luas dalam sistem militer, termasuk sistem radar dan pengintaian, sistem pengendalian misil, serta pemicu detonasi," kata seorang pejabat Amerika.

Tuduhan terhadap Fishenko, yang memiliki kewarganegaraan ganda Amerika dan Rusia, termasuk konspirasi, secara ilegal mengekspor produk yang diawasi ketat, berkonspirasi untuk mencuci uang dan menghambat hukum.

Asisten Jaksa John Carlin mengatakan, dakwaan terhadap mereka yang melanggar hukum ekspor Amerika “merupakan bagian penting dari kerangka keamanan nasional kita, melindungi aset nasional agar tidak jatuh ketangan musuh potensial kita.” [jm]

XS
SM
MD
LG