Tautan-tautan Akses

Afsel Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

  • Scott Bobb

Pada foto yang diambil pada tanggal 13 Juni 2009 ini, tampak Stadion Soccer City masih dibangun di Johannesburg. Sekarang, stadio ini telah selesai dibangun.

Pada foto yang diambil pada tanggal 13 Juni 2009 ini, tampak Stadion Soccer City masih dibangun di Johannesburg. Sekarang, stadio ini telah selesai dibangun.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengatakan negaranya siap menjadi tuan rumah Piala Dunia dan memperkirakan pertandingan sepakbola itu akan menjadi peristiwa yang tidak terlupakan. Ia menyampaikan hal tersebut 50 hari menjelang pembukaan Piala Dunia 11 Juni. Wartawan VOA Scott Bobb dari Johannesburg mengirim laporan berikut.

Presiden Jacob Zuma hari Rabu dihadapan massa pencinta sepakbola di kota Kimberly, Afrika Selatan bagian tengah, mengatakan pertandingan Piala Dunia memungkinkan Afrika Selatan bercerita kepada dunia tentang sebuah wilayah yang penuh berbagai kemungkinan, yang penduduknya menyambut dengan hangat kedatangan orang-orang dari berbagai negara dan budaya.

"Ini sebuah kesempatan yang paling besar untuk memamerkan keragaman dan potensi kita kepada dunia," ujar Zuma dalam pidatonya.

Zuma mengatakan pemerintahnya telah mengeluarkan dana sebesar lima milyar dolar AS untuk membangun berbagai sarana Piala Dunia yang akan memberi manfaat bagi Afrika Selatan di masa mendatang.

Berbagai persiapan yang dilakukan sudah memberi dampak nyata bagi ekonomi Afrika Selatan. Zuma menargetkan 60.000 lapangan kerja baru dan tambahan pemasukan sebesar satu milyar dolar akan tercipta dari kegiatan sekitar Piala Dunia.

Zuma menegaskan sekarang waktunya bagi seluruh rakyat Afrika Selatan untuk ambil bagian dan menciptakan kondisi untuk mensukseskan Piala Dunia.

"Kami telah siap dalam segala hal dan kami yakin keramahan rakyat Afrika Selatan akan terlihat nyata. Kita akan menjadi bangsa yang sopan dan akan menunjukkan kepada dunia bahwa kita siap menjadi tuan rumah dan Afrika siap menyambut Piala Dunia," tambah Zuma.

Pembangunan 10 stadion sepakbola yang akan menjadi ajang pertandingan Piala Dunia telah selesai tujuh minggu sebelum pembukaan.

Terminal baru di bandara internasional Johannesburg hari Selasa telah resmi dibuka dan sebuah bandara baru di kota Durban di Afrika Selatan Tenggara akan dibuka dua minggu lagi.

Pasukan keamanan Afrika Selatan mengatakan mereka telah melaksanakan latihan pengendalian massa dan latihan anti teroris. Berbagai langkah pengamanan telah diadakan untuk melindungi tim-tim tamu, para pejabat asing dan penggemar sepakbola.

Kepolisian Afrika Selatan telah menugaskan 40.000 polisi mengamankan pelaksanaan Piala Dunia dan telah mengeluarkan dana 180 juta dolar untuk membeli peralatan baru.

XS
SM
MD
LG