Tautan-tautan Akses

Afrika Selatan Tunda Pembebasan Oscar Pistorius


Oscar Pistorius saat menghadiri persidangan di Pretoria, Afrika Selatan (foto: dok).

Oscar Pistorius saat menghadiri persidangan di Pretoria, Afrika Selatan (foto: dok).

Pembebasan Oscar Pistorius dari penjara Afrika Selatan telah ditunda oleh Departemen Kehakiman negara itu.

Juara Paralympic dan bintang Olimpiade Afrika Selatan, Oscar Pistorius semula akan dibebaskan hari Jumat (21/8), setelah menjalani kurang dari satu tahun hukuman penjara lima tahun atas pembunuhan pacarnya Reeva Steenkamp. Dia diharapkan akan menyelesaikan sisa masa tahanannya dalam tahanan rumah.

Juru bicara Departemen Kehakiman Mthunzi Mhaga mengatakan keputusan bulan Juni untuk mengeluarkan Pistorius dari penjara tidak berdasar hukum dan akan ditunda menunggu peninjauan kembali oleh pengadilan.

Juru bicara mengatakan atlit itu seharusnya baru bisa dipertimbangkan untuk ditahan luar setelah menjalani seperenam dari hukuman penjara, atau 10 bulan, tapi Pistorius baru menjalani hukuman delapan bulan.

"Karena itu, keputusan untuk membebaskannya pada tanggal 21 Agustus 2015 dianggap terlalu dini dan ia tidak memenuhi syarat sama sekali untuk dipertimbangkan," kata pernyataan Departemen Kehakiman.

Pistorius dinyatakan bersalah pada bulan Oktober 2013 melakukan pembunuhan - karena sebelumnya menembak Reeva Steenkamp di rumahnya pada Hari Valentine tahun 2013.

Atlet tersebut mengatakan mengira Steenkamp adalah penjahat yang masuk kerumahnya malam hari dan ia menembak mati pacarnya itu melalui pintu kamar mandi yang terkunci karena ia takut.

Pistorius terkenal sebagai " Blade Runner " karena kaki palsunya. Ia menjadi pelari pertama yang kedua kakinya diamputasi, yang ikut dalam Olimpiade 2012 di London.

Komite Paralymic Internasional mengatakan Pistorius akan dilarang ikut dalam Paralymics untuk jangka waktu lima tahun selama dia menjalani hukumannya.

XS
SM
MD
LG