Tautan-tautan Akses

Afrika Selatan Bantah Isu Memburuknya Kesehatan Jacob Zuma


Beberapa laporan menyebutkan, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma jatuh sakit (foto: dok).

Beberapa laporan menyebutkan, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma jatuh sakit (foto: dok).

Juru bicara Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, Mac Maharaj hari Minggu (22/6) membantah laporan bahwa Zuma jatuh sakit.

Juru bicara Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, Mac Maharaj membantah beberapa laporan bahwa pemimpin negara itu jatuh sakit, setelah baru-baru ini memeriksakan diri ke rumah sakit.

Presiden Jacob Zuma menghabiskan waktu selama dua hari di rumah sakit setelah Partai Kongres Nasional Afrika ANC memberinya waktu beristirahat, pasca masa “kampanye yang melelahkan” sebelum pemilu tanggal 7 Mei lalu.

Mac Maharaj berkeras kesehatan Zuma sangat baik dan telah bekerja keras dan lama di kantornya.

Mac Maharaj menyampaikan pendapatnya setelah muncul laporan di sebuah suratkabar lokal yang mengutip sumber-sumber ANC, yang mengatakan Jacob Zuma menderita tekanan darah tinggi, diabetes dan masalah jantung. Maharaj membantah laporan itu sebagai isu.

Beberapa analis menuntut kepastian dari pihak kepresidenan, dengan mengatakan berat badan Jacob Zuma tampak turun drastis setelah dirawat di rumah sakit baru-baru ini. Tetapi Maharaj tidak memenuhi tuntutan itu dengan mengatakan pemerintah telah berterus terang kepada rakyat Afrika Selatan tentang kondisi kesehatan Jacob Zuma.

Para pendukung ANC mengatak laporan suratkabar bermotif politik, dengan berspekulasi bahwa Presiden Jacob Zuma tampaknya tidak bisa menjalankan tugas pada masa jabatan kedua ini karena masalah kesehatan. Tetapi mereka yang menentang ANC mengatakan kondisi kesehatan presiden merupakan keprihatinan seluruh warga Afrika Selatan.
XS
SM
MD
LG