Tautan-tautan Akses

Afrika Barat Mungkin Singkirkan Presiden Gbagbo dengan Paksa


Pertemuan negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) untuk membahas krisis politik Pantai Gading di Abuja, Nigeria.

Pertemuan negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) untuk membahas krisis politik Pantai Gading di Abuja, Nigeria.

Komunitas Ekonomi Afrika Barat (ECOWAS) telah membahas kemungkinan menggunakan kekerasan untuk menyingkirkan pemimpin Pantai Gading.

Seorang pejabat militer Nigeria mengatakan salah satu blok regional Afrika Barat – ECOWAS – telah membahas penggunaan kekuatan untuk menyingkirkan pemimpin Pantai Gading yang sekarang Laurent Gbagbo, jika perundingan gagal.

Kolonel Mohammed Yerimah hari Jumat mengatakan para menteri pertahanan Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat – ECOWAS – telah bertemu untuk merampungkan rencana menyingkirkan Laurent Gbagbo.

Tetapi ia tidak mengatakan apakah serangan sudah di ambang pintu untuk dilakukan, dengan mengemukakan bahwa pertemuan selanjutnya untuk merampungkan rencana itu akan diselenggarakan pertengahan Januari.

Laurent Gbagbo tidak bersedia menyerahkan kekuasaan kepada lawan politiknya Alassane Outtara, yang diakui secara internasional sebagai pemenang pemilihan presiden tahap kedua bulan lalu. Laurent Gbagbo menolak hasil pemilihan presiden itu.

Sementara itu Guillaume Soro – Perdana Menteri untuk Alasanne Outtara mengatakan demi kepentingan Laurent Gbagbo sendiri untuk mundur selambat-lambatnya hari Jumat tengah malam waktu setempat. Guillaume Soro mengatakan besar kemungkinan Laurent Gbagbo akan disingkirkan dengan kekuatan.

XS
SM
MD
LG