Tautan-tautan Akses

Afrika Barat Desak Persiapan untuk Kemungkinan Wabah Ebola

  • Lisa Schlein

Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk wilayah Afrika, Matshidiso Moeti.

Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk wilayah Afrika, Matshidiso Moeti.

Direktur WHO untuk Afrika, Matshidiso Moeti mengatatakan, ada kemungkinan Afrika Barat harus siap menghadapi wabah Ebola lagi di masa yang akan datang.

Direktur Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) untuk wilayah Afrika, Matshidiso Moeti, mendesak negara-negara di Afrika Barat agar sekarang bersiap-siap menghadapi kemungkinan perebakan wabah virus Ebola yang mematikan pada masa yang akan datang di wilayah itu. Ia mengatakan epidemi saatini harus dianggap sebagai peringatan untuk mendorong mereka mengambil tindakan.

Dr. Moeti adalah seorang optimis. Dia puas melihat kemajuan yang dicapai dalamu saha melenyapkan epidemi Ebola di Afrika Barat, meskipun ia mengatakan mungkin diperlukan waktu beberapa bulan untuk melenyapkan sama sekali virus itu dari wilayah tersebut.

Sebagai direktur regional WHO untuk Afrika, dia tahu dia harus berpikir ke depan dan siap menghadapi krisis pada masa depan. Dia mengatakan kepada VOA, ada kemungkinan Afrika Barat harus siap menghadapi wabah Ebola lagi di masa yang akan datang.

"Virus Ebola ada di lingkungan sana... jadi perebakan masih bisa terjadi ... Kami berharap akan bisa mengambil prakarsa untuk mengatasi kekhawatiran global yang disebabkan oleh penyakit ini dan minat mitra-mitra untuk memberikan dukungan dan dana untuk persiapan membantu tidak hanya tiga negara ini, tetapi negara-negara lain di wilayah itu," ujarnya.

Dr. Moeti merupakan perempuan pertama yang menjadi direktur WHO untuk Afrika. Menjabat sejak 1 Februari, dia menggantikan Luis Gomes Sambo, yang dikritik secara luas karena dipandang kurang cekatan dalam menangani wabah Ebola di Liberia, Sierra Leone dan Guinea.

Moeti menyebutkan sejumlah prioritas untuk meningkatkan kesehatan di Afrika, yang mencakup jaminan kesehatan lengkap dan membawa jaringan sistem kesehatan ke tingkat yang lebih baik.

"Bidang lain yang perlu adalah menangani faktor sosial yang mempengaruhi kesehatan dan mengutamakan pencegahan karena mempertimbangkan wilayah tersebut. Ini merupakan investasiyang baik bagi kementerian kesehatan, meskipun kami menyadari itu tidak mudah. Dan itu akan menjadi pembelajaran bagi mereka dan juga bagi kita," ujarnya.

Dr. Moeti mengatakan, perlu kewaspadaan yang berkesinambungan dan peningkatkan pengawasan di Liberia, Sierra Leone dan Guinea untuk melenyapkan Ebola.

Ia menambahkan WHO akan tetap waspada dan meningkatkan berbagai langkah di ketiga negara tersebut sehingga virus Ebola tersebut tidak menyebar melintasi perbatasan.

XS
SM
MD
LG