Tautan-tautan Akses

Afghanistan Tangkap 2 Komandan Haqqani


Pasukan Afghanistan berhasil menangkap Anis Haqqani, pemimpin jaringan Haqqani hari Selasa 14/10 (foto: dok).

Pasukan Afghanistan berhasil menangkap Anis Haqqani, pemimpin jaringan Haqqani hari Selasa 14/10 (foto: dok).

Operasi khusus pasukan keamanan Afghanistan hari Selasa (14/10) berhasil menangkap dua pemimpin senior jaringan Haqqani yang terkait dengan al-Qaida.

Pasukan keamanan Afghanistan telah menangkap dua pemimpin senior jaringan Haqqani yang terkait dengan al-Qaida, sebuah kelompok yang dituding bertanggung jawab atas serangan-serangan paling canggih terhadap pasukan Afghanistan dan NATO di negara itu.

Para pejabat mengatakan, Anis Haqqani, putra pemimpin jaringan itu, ditangkap bersama komandan militan Hafiz Rashid dalam operasi khusus hari Selasa (14/10).

Direktorat Nasional Keamanan Afghanistan mengatakan melalui sebuah pernyataan bahwa Anis Haqqani adalah pakar komputer dan perekrutan melalui jaringan sosial. Katanya juga, ia memainkan peran kunci dalam keputusan-keputusan strategis kelompok itu karena menjadi wakil dari saudaranya, yaitu pemimpin jaringan itu, Sirajuddin Haqqani.

Rashid, yang menjabat sebagai komandan jaringan untuk Afghanistan tenggara, bertanggungjawab dalam menyediakan peralatan untuk pembom bunuh diri dan memilih target-target serangan.

Jaringan Haqqani berafiliasi dengan al-Qaida dan Taliban Afghanistan. Jaringan itu dituduh melangsungkan serangan dari pangkalan mereka di kawasan kesukuan di baratlaut Pakistan yang rusuh.

XS
SM
MD
LG