Tautan-tautan Akses

Afghanistan Siap Ambil-Alih Tanggung Jawab Keamanan dari AS


Para lulusan baru akademi militer Afghanistan dalam acara wisuda di Kabul. Afghanistan menyatakan siap mengambil alih tugas-tugas keamanan dari pasukan asing.

Para lulusan baru akademi militer Afghanistan dalam acara wisuda di Kabul. Afghanistan menyatakan siap mengambil alih tugas-tugas keamanan dari pasukan asing.

Jurubicara Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan menyambut baik dan mendukung penarikan pasukan asing dari negara itu.

Para pejabat Afghanistan mengatakan mereka siap menangani keamanan di negara itu segera setelah pasukan Amerika mulai ditarik bulan Juli.

Presiden Amerika Barack Obama mengumumkan Rabu malam bahwa 10 ribu tentara akan ditarik sebelum akhir tahun ini, kemudian 23 ribu tentara lagi meninggalkan Afghanistan sebelum September tahun 2012.

Di Kabul, jurubicara Kementerian Pertahanan Afghanistan Jenderal Mohammad Zahir Azimi mengatakan kepada wartawan sebelumnya hari itu bahwa Afghanistan menyambut baik dan mendukung penarikan pasukan asing dari negara itu.

Azimi mengatakan pasukan Afghanistan sudah memperoleh kapasitas untuk mengisi kekosongan setelah sebagian pasukan internasional ditarik. Pasukan Afghanistan akan mengambil alih keamanan 7 daerah di Afghanistan mulai bulan depan.

Semua pasukan tempur asing diperkirakan akan menyelesaikan penarikan dari Afghanistan dan mengalihkan wewenang keamanan kepada pasukan setempat sebelum akhir tahun 2014.

Sementara itu, pemerintah Afghanistan sedang mengusahakan perundingan perdamaian dengan pemberontak Taliban untuk mengakhiri perang 10 tahun itu.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague membicarakan proses rekonsiliasi dalam pembicaraan hari Rabu dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan para pejabat lain di Kabul. Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan, juga turut hadir dalam pertemuan hari Rabu.

Baik Hague maupun Al Nahyan meninjau provinsi Helmand, Afghanistan selatan, dalam kunjungan mereka di Afghanistan. Hague mengatakan kontak antara para anggota Taliban dan pejabat Amerika telah dilakukan dan Inggris akan membantu dalam proses itu sedapat mungkin.

XS
SM
MD
LG