Tautan-tautan Akses

Afghanistan Sambut Usul Anti-teror China


Panglima Militer China Jenderal Fang Fenghui

Panglima Militer China Jenderal Fang Fenghui

Panglima militer China Jenderal Fang Fenghui berada di Kabul, untuk berbicara membicaakan aliansi regional empat negara melawan teroris. Rencana anti-teror ini mencakup China, Pakistan, Afghanistan dan Tajikistan. Ketiga negara ini berbagi perbatasan dengan wilayah barat China.

Panglima militer China Jenderal Fang Fenghui berada di Kabul, ibukota Afghanistan, berbicara dengan pimpinan Afghanistan tentang aliansi regional empat negara melawan teroris.

Rencana anti-teror yang diusulkan China mencakup China, Pakistan, Afghanistan dan Tajikistan. Ke tiga negara dalam usul aliansi itu berbagi perbatasan dengan wilayah barat China, di mana sentimen anti-Beijing lazim terjadi dari kelompok etnis Muslim Uighur.

Kelompok etnis Turki yang tinggal di provinsi Xinjiang itu sejak awal tahun 1990-an telah mengupayakan otonomi politik dan agama yang lebih besar. Pakistan, Afghanistan dan Tajikistan sampai batas tertentu telah dicemari militansi agama selama puluhan tahun.

Etnis Uighur China diyakini beroperasi dari dalam China, di daerah perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Kepada VOA, Sayed Zafar Hashemi, Wakil Jurubicara Presiden Ashraf Ghani, mengatakan panglima militer China meminta partisipasi Afghanistan dalam mekanisme anti-teroris yang diusulkan China bersama Pakistan dan Tajikistan. "Presiden Ghani mendukung usul itu," ujar Hashemi.

Afghanistan telah lama menuduh Pakistan hanya menarget mereka yang terlibat kegiatan teroris di dalam Pakistan, dan menutup mata pada mereka yang beroperasi dari Pakistan dan berperang di dalam Afghanistan.

Pakistan membantah klaim itu dan menunjuk kegiatan teroris yang diduga berakar kelompok-kelompok di dalam Afghanistan. [ka/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG