Tautan-tautan Akses

Afghanistan Pilih Pemimpin Baru


Presiden Afghanistan Hamid Karzai, memperlihatkan surat suaranya kepada media, sebelum memasukkannya ke dalam kotak di sebuah TPS di SMA Amani, dekat istana Presiden di Kabul, Afghanistan (5/4).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai, memperlihatkan surat suaranya kepada media, sebelum memasukkannya ke dalam kotak di sebuah TPS di SMA Amani, dekat istana Presiden di Kabul, Afghanistan (5/4).

Para pemilih Afghanistan hari Sabtu berbondong-bondong ke TPS-TPS untuk memilih presiden baru di tengah-tengah keamanan yang ketat.

Presiden Hamid Karzai termasuk di antara yang pertama memberikan suara, Sabtu pagi (5/4). Setelah hampir 12 tahun menjabat, berdasarkan konstitusi ia dilarang mencalonkan diri untuk jabatan itu lagi.

Hasil pemilihan diperkirakan tidak akan keluar hingga beberapa pekan mendatang. Pemilu putaran ke-dua akan dilakukan jika tak seorang pun dari delapan kandidat presiden mampu meraih lebih dari separuh suara.

Keamanan berlangsung ketat di seantero Afghanistan karena pemberontak telah bertekad akan mengacaukan pemberian suara hari Sabtu. Situasi menjelang pemilu itu diwarnai dengan kekerasan. Namun, pemungutan suara hari Sabtu tampaknya relatif tenang tanpa kekerasan. Para pejabat Afghanistan menyatakan telah menggelar ratusan ribu aparat keamanan untuk melindungi 12 juta pemilih di negara itu.

Negara tetangga, Pakistan, telah menutup semua pintu perbatasan dengan Afghanistan dan menggelar pasukan tambahan dalam upaya membantu Afghanistan mengadakan pemilu secara damai. Pakistan menyatakan pengaturan keamanan di perbatasan ditingkatkan melalui koordinasi yang erat dengan pasukan keamanan Afghanistan.

Menjelang pemilu, wartawan Associated Press Anja Niedringhaus ditembak mati dan seorang lainnya, Kathy Gannon, luka-luka oleh polisi sewaktu mereka meliput persiapan pemilu di Afghanistan. Menurut pihak berwenang, polisi itu ditangkap setelah penembakan di dalam kompleks yang dijaga ketat di bagian terpencil di provinsi Khost, Afghanistan timur.
XS
SM
MD
LG