Tautan-tautan Akses

Afghanistan, Pakistan Perkuat Upaya Perdamaian dengan Taliban


PM Pakistan Yousuf Raza Gilani (kiri) berbicara dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam konferensi pers di Kabul, Sabtu (16/4).

PM Pakistan Yousuf Raza Gilani (kiri) berbicara dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam konferensi pers di Kabul, Sabtu (16/4).

Hal itu disepakati dalam pertemuan antara Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan PM Pakistan Yusuf Gilani di Kabul hari Sabtu.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Perdana Menteri Pakistan Yusuf Gilani telah sepakat memperkuat upaya bersama untuk berdamai dengan Taliban. Gilani terbang ke Kabul, ibukota Afghanistan, hari Sabtu untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Karzai.

Dalam konperensi pers seusai pertemuan, Karzai mengatakan, Pakistan telah meningkatkan status komisi perdamaian Afghanistan-Pakistan ke tingkat tertinggi. Dia mengatakan PM Pakistan kini memimpin Pakistan dalam komisi itu bersama kepala staf angkatan darat Pakistan dan kepala dinas intelijen. Presiden Karzai mengatakan Afghanistan mungkin akan melakukan hal serupa.

Komisi itu bertujuan untuk menyiapkan logistik dalam perundingan dengan Taliban. Gilani mengatakan, Pakistan mendukung proses perdamaian yang dipimpin Afghanistan itu. Dia mengatakan, Kabul harus menetapkan ruang lingkup pembicaraan apa pun. Dia mengatakan, mengajukan persyaratan atau tuntutan pada proses rekonsiliasi tahap sekarang ini tidak membantu.

Selain itu, isyu perdagangan dan peningkatan keamanan merupakan topik yang akan dibahas kedua pemimpin.

Pembicaraan antara Afghanistan dan Pakistan terjadi pada saat hubungan Amerika dengan kedua negara memburuk.

XS
SM
MD
LG