Tautan-tautan Akses

Afghanistan Mulai Serah Terima Keamanan Tahap Kedua


Pasukan NATO di Afghanistan melakukan serah terima keamanan tahap kedua kepada tentara Afghanistan (foto: dok).

Pasukan NATO di Afghanistan melakukan serah terima keamanan tahap kedua kepada tentara Afghanistan (foto: dok).

Tahap kedua serah terima keamanan di Afghanistan secara resmi dimulai hari Kamis sewaktu pasukan NATO menyerahkan provinsi di utara ibukota kepada tentara Afghanistan.

Komandan pasukan pimpinan NATO di Afghanistan, Jenderal John Allen, meresmikan peristiwa itu di ibukota provinsi Parwan, Charikar, dalam upacara dengan para pejabat Afghanistan. Semua distrik, kecuali dua di rovinsi Parwan diserah terimakan kepada pasukan keamanan Afghanistan.

Enam provinsi lainnya, serta berbagai kabupaten dan kota di seluruh pelosok negara itu dijadwalkan akan diserah terimakan kepada Afghanistan dalam beberapa minggu mendatang. Tahap pertama serah terima itu dimulai awal tahun ini.

Para pejabat pertahanan Kanada hari Kamis mengumumkan mereka menurunkan bendera Kanada di Kandahar untuk terakhir kalinya, dalam upacara untuk menandai akhir penggelaran militer negara itu di Afghanistan selatan.

Kanada mengirim hampir 3.000 tentara ke wilayah itu pada tahun 2005 sebagai bagian dari pasukan pimpinan NATO untuk memerangi pemberontak. Kira-kira 950 pelatih militer Kanada akan tetap berada di negara itu untuk membantu melatih tentara dan polisi Afghanistan.

Semua pasukan asing diharapkan akan sepenuhnya ditarik mundur dari Afghanistan pada tahun 2014 sebagai bagian dari kesepakatan dengan pemerintah Afghanistan.

XS
SM
MD
LG