Tautan-tautan Akses

Afghanistan: 135 Militan ISIS Tewas


Kot, provinsi Nangahar, Afghanistan

Kot, provinsi Nangahar, Afghanistan

Para pejabat di Afghanistan timur mengatakan pasukan keamanan telah menewaskan lebih dari 135 orang militan ISIS, termasuk beberapa komandan tinggi dan melukai banyak lainnya dalam serbuan darat dan udara di perbatasan dengan Pakistan selama beberapa hari.

Pertempuran di daerah Kot, provinsi Nangarhar itu mereda hari Minggu (26/6), tetapi operasi pencarian dan pembersihan masih berlangsung, kata para pimpinan sipil dan keamanan daerah itu, dan mengukuhkan paling sedikit 12 anggota keamanan Afghanistan juga tewas sementara 18 lainnya luka-luka.

Gubernur provinsi itu Salim Kunduzi mengatakan kepada para wartawan di Jalalabad, ibukota daerah itu, pertempuran di Kot pecah Kamis malam ketika kira-kira 600 laskar bersenjata berat yang terkait dengan ISIS melancarkan serangan terkoordinasi terhadap pos-pos keamanan terpencil di daerah itu.

Pertempuran memaksa kaum sipil mengungsi ke daerah-daerah aman, dan semakin banyak keluarga mengungsi dari zona konflik, para saksi melaporkan.

Inilah pertempuran besar pertama yang dilancarkan militan ISIS terhadap pasukan keamanan Afghanistan di luar daerah tetangganya Achin di mana para laskar yang setia kepada kelompok terror ISIS yang berbasis di Suriah itu diyakini telah mendirikan pangkalan daerah mereka.

Juru bicara militer Amerika di Kabul, Brigadir Jenderal Charles Cleveland mengatakan misi kontra-terorismenya adalah membantu mitra Afghanistan mencegah ISIS meningkatkan pengaruhnya di negara itu. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG