Tautan-tautan Akses

Adik Tiri Presiden Afghanistan Tewas Dibunuh


Ahmad Wali Karzai (kanan), ketua dewan propinsi Kandahar, dibunuh di rumahnya Selasa (12/7).

Ahmad Wali Karzai (kanan), ketua dewan propinsi Kandahar, dibunuh di rumahnya Selasa (12/7).

Presiden Hamid Karzai mengkonfirmasi pembunuhan adik tirinya, Ahmad Wali Karzai, yang dibunuh di rumahnya di provinsi Kandahar hari Selasa.

Adik tiri Presiden Afghanistan Hamid Karzai, tokoh berpengaruh di kawasan selatan negara itu dibunuh dirumahnya oleh seorang pengawal kepercayaan. Pejabat Afghanistan mengatakan Ahmad Wali Karzai ditembak anggota senior pengawalnya sendiri dan tewas hari Selasa di kota Kandahar. Penembaknya yang bernama Sardar Mohammad kemudian dibunuh oleh pengawal Wali Karzai lainnya.

Pejabat-pejabat mengatakan Mohammad adalah sahabat lama Wali Karzai dan keduanya berasal dari desa yang sama, Karz. Mohammad katanya sedang melakukan pertemuan pribadi dengan Wali Karzai ketika ia menembak kepala dan dada adik tiri Presiden itu.

Wali Karzai lahir tahun 1961 dan punya lima anak. Ia selamat dari beberapa upaya pembunuhan sebelum dibunuh hari Selasa.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu. Namun pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan belum jelas apakah pembunuhan Wali Karzai terkait Taliban ataukah ada perselisihan internal.

Di Kabul, Presiden Hamid Karzai mengatakan kepada wartawan pembunuhan adik tirinya menggambarkan penderitaan seluruh rakyat Afghanistan.

Peran Ahmed Wali Karzai sebagai ketua dewan provinsi Kandahar umumnya adalah sebagai penasehat namun pengaruhnya berasal dari hubungan kesukuan dan keluarganya dan juga kekayaan yang berhasil dikumpulkannya. Orang berbondong-bondong setiap hari meminta nasehat dan dukungan Wali Karzai mengenai masalah-masalah bisnis, politik dan perselisihan antar suku.

Namun, sumber kekayaan dan pengaruhnya memicu kontroversi seputar Wali Karzai. Meskipun ia dipandang sebagai perantara penting di kawasan itu dan sekutu pasukan internasional dalam memerangi Taliban, saudara lelaki Presiden itu juga dituduh korupsi, menyelundupkan obat-obat terlarang dan digaji oleh CIA. Ia menyangkal tuduhan-tuduhan itu.

Selama beberapa tahun terakhir, Presiden Karzai bergantung pada bantuan saudara tirinya itu untuk membantu mempertahankan dukungan dari masyarakat etnis Pashtun di Selatan. Amerika dan negara-negara barat lain juga bergantung pada Wali Karzai dan pengaruhnya di Kandahar dimana pasukan internasional berupaya membersihkan benteng-benteng pemberontak.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai membela keras adik tirinya dari kecaman apapun. Kedua bersaudara itu kembali ke Afghanistan dari Amerika setelah pemerintahan pimpinan Taliban disingkirkan oleh pasukan Amerika tahun 2001. Wali Karzai punya restoran di Chicago sebelum kembali ke negara asalnya.

Komandan Amerika dan pasukan NATO di Afghanistan, David Petraeus hari Selasa mengatakan ia mengecam pembunuhan Wali Karzai dan pasukan NATO akan mendukung upaya-upaya pemerintah Afghanistan untuk mengadili mereka yang bertanggung jawab.

XS
SM
MD
LG