Tautan-tautan Akses

AS

Acara TV 'Halal in the Family' Kupas Bias Anti-Muslim di AS


Warga Muslim Amerika buka puasa bersama di sebuah masjid di Cedar Rapids, Iowa. (AP/Kevin Wolf)

Warga Muslim Amerika buka puasa bersama di sebuah masjid di Cedar Rapids, Iowa. (AP/Kevin Wolf)

Program ini mengambil tema sitkom terkenal tahun 1970an “All in the Family” yang mengangkat isu-siu sosial dan budaya yang ketika itu dianggap revolusioner.

Sebuah program baru yang dibintangi oleh komedian Aasif Mandvi “Halal in the Family” siap dirilis di Amerika mulai 9 April.

Mandvi yang selama ini ikut meramaikan program populer “The Daily Show” mengatakan sitkom parodi baru yang dibintanginya itu memiliki tujuan serius yaitu menguraikan prasangka-prasangka anti-Muslim yang selama ini ada.

Ia mengatakan sitkom parodi baru berdurasi lima menit ini akan mengangkat isu-isu yang kerap menjadi perdebatan hangat di publik Amerika, termasuk tindakan pemantauan warga Muslim di Amerika oleh FBI, cyber-bullying atau cemooh kasar melalui Internet, keberadaan kelompok-kelompok pembenci warga karena aliran tertentu atau “hate groups” dan bias media terhadap warga Muslim.

Mandvi – sebagaimana dikutip Associated Press – mengatakan tidak tahu apakah sitkom ini akan mengubah sikap orang 100 persen atau tidak, tetapi yang pasti ia ingin mendorong terjadinya dialog.

Judul sitkom “Halal in the Family” ini menurut Aasif Mandvi mengambil tema sitkom terkenal tahun 1970an “All in the Family” yang mengangkat isu-siu sosial dan budaya yang ketika itu dianggap revolusioner.

Menurut Lillian LaSalle, manajer dan salah seorang pendukung proyek ini, “Halal in the Family” merupakan bagian dari kampanye yang lebih besar untuk melawan ketidakpedulian dan diskriminasi terhadap Muslim.

Tema-tema yang diangkat telah didiskusikan terlebih dahulu dengan dewan penasihat yang beranggotakan organisasi-organisasi Muslim, antar-keyakinan dan HAM, termasuk diantaranya the Center for New Community Muslim Advocates dan Auburn Seminary.

Mandvi, komedian kelahiran India yang berperan sebagai “koresponden senior Muslim” dalam acara terkenal “The Daily Show” di Comedy Central, sudah membintangi sejumlah film layar lebar, antara lain “Spider-Man 2” dan “Million Dollar Arm”. Juga film HBO mendatang “The Brink”.

XS
SM
MD
LG