Tautan-tautan Akses

Acara Oscars Berlangsung di Tengah Isu Kontroversi Keanekaragaman (2)


Mark Rylance pemenang peran pendukung dalam "Bridge of Spies" bersama Alicia Vikander dan pemenang lainnya

Mark Rylance pemenang peran pendukung dalam "Bridge of Spies" bersama Alicia Vikander dan pemenang lainnya

Alicia Vikander dan Mark Rylance memenangkan piala Oscars dalam kategori aktris dan aktor pendukung terbaik Minggu malam dalam Academy Awards ke-88. Acara tahun ini dipenuhi kontroversi karena kurangnya keragaman dalam nominasi.

Alicia Vikander dan Mark Rylance memenangkan piala Oscars dalam kategori aktris dan aktor pendukung terbaik Minggu malam dalam Academy Awards ke-88. Vikander membawa pulang Oscars atas perannya dalam film The Danish Girl sebagai istri yang mendukung suaminya yang transgender. Rylance memenangkan Oscars atas perannya dalam film yang disutradarai Steven Spielberg, Bridge of Spies.

Dalam aksi yang baru pertama kali dilakukan dalam acara Oscars, pembawa acara Chris Rock meminta para hadirin untuk merogoh "kantong jutawan" mereka dan membeli kue-kue Pramuka untuk membantu putrinya mencapai rekor penjualan kue Pramuka tahun ini. Para anggota Pramuka putri menawarkan kotak-kotak kue ke seluruh hadirin yang merogoh kocek mereka untuk membeli kue-kue itu.

Acara tahun ini dipenuhi kontroversi karena kurangnya keragaman dalam nominasi. Dalam dua tahun berturut-turut, hanya aktor dan aktris kulit putih yang terpilih merebut piala Oscars untuk empat kategori - aktor / aktris terbaik dan aktor / aktris pendukung terbaik. Reaksi yang dihasilkan menyebabkan beberapa aktor dan aktris kulit hitam, seperti Spike Lee dan Jada Pinkett Smith mengatakan memboikot acara Oscars dan disusul munculnya tren pesan #OscarsSoWhite di media sosial.

Chris Rock membuka acara dengan lelucon yang cukup tajam tentang kontroversi.

"Saya ada di Academy Awards, atau dikenal sebagai penghargaan bagi orang kulit putih. Kalian tahu, kalau Academy Awards menomisasikan pembawa acara, pasti saya tidak akan dapat pekerjaan ini. Kalian akan menonton Neil Patrick Harris sekarang."

Neil Patrick Harris, aktor kulit putih, adalah pembawa acara Oscars tahun lalu. Pembawa acara kulit hitam terakhir adalah Chris Rock sendiri pada tahun 2005.

Chris Rock berusia 51 tahun juga berbicara serius dalam pembukaan acara.

"Kami ingin peluang," katanya. "Kami ingin aktor dan aktris kulit hitam untuk mendapat kesempatan yang sama, itu saja," katanya disambut tepuk tangan meriah.

Lebih dari 40 juta orang di seluruh dunia diperkirakan akan menonton acara Oscars.

Para pengunjuk rasa yang mendesak pemboikotan Academy Awards berkumpul di dekat teater Dolby di mana acara penganugerahan Oscars berlangsung hari Minggu. Puluhan pengunjuk rasa berkumpul di sudut Sunset Boulevard dan Highland Avenue, membawa poster-poster dan menyerukan keragaman dalam industri film.

Beberapa poster bertuliskan, "Hollywood harus bersikap lebih baik'' dan "Kalian tidak tahu malu.'' [zb]

XS
SM
MD
LG